Ilustrasi pasangan serasi/Freepik
Relationship

10 Tanda Kamu Dalam Hubungan yang Tidak Bahagia

Crysania Suhartanto
Sabtu, 20 Januari 2024 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi para penikmat film drama Indonesia, mungkin sudah tidak asing dengan kata-kata ini, “jangan rindu, berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja”. Kutipan itu merupakan salah satu kata-kata yang paling terngiang dari tokoh Dilan di film Dilan 1990. 

Memang saat jatuh hati semua terasa indah, rasanya hidup hanya milik berdua. Namun, seiring berjalannya waktu, perlahan baru disadari bahwa ada keinginan yang berbeda antara dua belah pihak. Getaran yang ada pada awal berjumpa, sudah tidak terasa.

Sampai ke suatu titik, apakah hubungan perlu dilanjutkan atau dihentikan sampai di sini? Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara untuk mengetahui apakah sedang berada di hubungan yang tidak bahagia dan perlu keluar.

Namun, mengutip Merry Riana, cinta itu bukan hanya perasaan senang ketika bersamanya. Cinta juga adalah komitmen untuk tetap bersamanya, ketika perasaan senang itu hilang. 

Simak tanda kamu menjalani hubungan percintaan yang tidak bahagia:

1. Terus menerus gelisah saat bersamanya

Walaupun berada dalam hubungan romantis, tetapi setiap percakapan terasa tegang dan gelisah. Seakan terus menerus berusaha menghindari adanya ucapan yang salah.

Padahal, hubungan yang sehat memerlukan komunikasi yang terbuka, jujur, dan nyaman, bukan komunikasi yang penuh dengan kehati-hatian.

2. Rencana masa depan yang sangat berbeda

Ketika berbicara tentang masa depan, kerap visi antara kedua belah pihak tidak sejalan. Entah itu tentang tujuan karir, situasi kehidupan, atau pilihan gaya hidup. Masalahnya, dalam situasi ini, visi yang berbeda ini sudah tak bisa lagi dikompromikan dan mempengaruhi kebahagiaan.

Padahal, dalam hubungan harus ada kesepakatan yang membahagiakan kedua belah pihak untuk masa depan.

3. Kerap merasa kesepian meski sedang bersama

Perasaan kesepian ini menunjukkan adanya kesenjangan emosional atau intelektual. Idealnya, sebuah pasangan harus sepemahaman dan terkoneksi, bukan pengalaman kesepian.

Saat sedang bersama, tetapi masih merasa sendirian, artinya ada dinamika emosional dalam hubungan yang perlu diperhatikan.

4. Masalah kecil selalu berubah menjadi besar

Masalah kecil kerap menjadi perdebatan utama akhir-akhir ini. Merasa kesal dari waktu ke waktu adalah hal yang wajar, tetapi ketika hal-hal kecil mulai berdampak signifikan pada hubungan Anda, mungkin inilah saatnya untuk mengakhirinya.

5. Sudah tidak lagi curhat

Dalam hubungan yang bahagia, pasangan sering kali menjadi orang pertama yang ingin dibagikan kabar, baik itu kabar baik atau buruk. 

Jika lebih memilih teman atau keluarga sebelum pasangan, ini mungkin menunjukkan keretakan dalam hubungan. Jarak ini bisa menjadi tanda ketidakpuasan emosional meski masih saling mencintai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro