Ilustrasi pasangan serasi/Freepik
Relationship

Tips Cinta, Ini 9 Tanda Berada di Hubungan yang Salah

Erta Darwati
Sabtu, 13 Januari 2024 - 12:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hubungan yang baik dengan pasangan merupakan harapan semua orang. Meski tergila-gila pada pasangan, ada saja saat di mana merasa tidak cocok dengan pasangan. 

Mungkin saat ini waktunya untuk menghadapi kenyataan bahwa hubungan tersebut tidak seharusnya terjalin. Kenali juga tanda-tanda bahwa si doi tidak layak untuk diperjuangkan.

Simak tanda-tanda Anda berada di hubungan yang salah, antara lain:

1. Mendapati Diri Terus-menerus Membuat Alasan Atas Perilaku Pasangan

Merasa pasangan kurang usaha dalam menjalin hubungan, ketidakmampuannya untuk berkomunikasi secara efektif, atau tidak pedulinya terhadap perasaan pasangan. Sikap itu bisa melelahkan dan membuat merasa seolah-olah Anda memikul beban hubungan di pundak yang sangat berat. 

Penting untuk diingat bahwa orang baik belum tentu menjadi pasangan yang baik. Jika selalu membuat alasan untuknya, itu mungkin pertanda sedang berada di hubungan yang salah. 

Adapun ini bukan tentang menyalahkan siapapun, melainkan tentang mengakui fakta bahwa Anda pantas mendapatkan seseorang yang bisa memperlakukan dengan baik. 


2. Lebih Sering Merasa Sengsara daripada Bahagia

Kebahagiaan harus menjadi landasan utama dalam menjalin hubungan dengan pasangan, tetapi jika tidak, berarti ada sesuatu yang salah. 

Jika Anda terus-menerus merasa lelah, kesal, atau stres karena hubungan, inilah saatnya untuk mengambil langkah mundur dan menilai kembali. 

Ingat, bersama orang baik bukan berarti Anda akan dijamin bahagia. Jika hubungan tersebut menyebabkan lebih banyak penderitaan daripada kebahagiaan, itu mungkin bukan hubungan yang tepat untuk Anda.

3. Ada Bagian yang Disembunyikan dari Pasangan

Jika merasa harus menyembunyikan sebagian dari diri Anda agar dapat diterima oleh pasangan, maka itu adalah tanda bahaya besar. 

Orang baik akan menghargai dan mencintai Anda apa adanya, bukan apa yang mereka inginkan. Jika terus-menerus merasa perlu mengubah perilaku, menekan pikiran, atau mengubah kepribadian agar pasangan tetap bahagia, itu tandanya Anda berada dalam hubungan yang salah. 


4. Orang yang Anda Sayangi Tidak Peduli 

Jika terus-menerus mengungkapkan kekhawatiran terhadap pasangan atau hubungan Anda, ada baiknya Anda mempertimbangkannya. Jika teman dan keluarga tidak menyukai pasangan Anda, ada baiknya Anda bertanya pada diri sendiri terkait alasannya. 

Ingat, orang baik tidak otomatis menjadi pasangan yang baik. Jika orang yang paling menyayangi Anda merasa keberatan, itu mungkin pertanda Anda berada dalam hubungan yang salah.

5. Takut Meninggalkannya

Jika Anda tetap menjalin hubungan karena takut menjadi lajang, takut menyakiti perasaan pasangan, atau takut akan seperti apa hidup tanpa mereka, itu menjadi pertanda jelas bahwa Anda berada dalam hubungan yang salah. 

Hubungan yang sehat harus didasarkan pada cinta, rasa hormat, dan saling pengertian, bukan rasa takut. Jika Anda tidak takut, inilah saatnya menilai kembali hubungan tersebut. 

Ingat, bersama orang baik tidak selalu berarti hubungan Anda baik. Tidak apa-apa untuk memilih diri sendiri dan kebahagiaan Anda terlebih dahulu.


6. Visi Tentang Masa Depan Tidak Sejalan

Jika arah hidup pasangan sangat berbeda dengan Anda, hal ini dapat menimbulkan konflik besar di kemudian hari. 

Ini tidak berarti Anda harus menyetujui segalanya, tetapi setidaknya memiliki kesamaan dalam pandangan dengan pasangan terkait masa depan dapat membuat perbedaan besar. 

Jika impian dan tujuan Anda tidak selaras dan tidak ada satupun yang mau berkompromi, itu tandanya Anda mungkin berada dalam hubungan yang salah. 

Meskipun pasangan Anda adalah orang yang luar biasa, jika jalan hidup Anda terlalu berbeda, hal itu dapat menyebabkan keretakan yang akan sulit diperbaiki nantinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Erta Darwati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro