Manfaat dan khasiat jus buah sayuran dan buah/Easy Green
Health

Apakah Manfaat Jus hijau dan Smoothie Baik Kesehatan Tubuh?

Novita Sari Simamora
Selasa, 30 Januari 2024 - 14:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang ingin mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan cara  yang sederhana seperti jus hijau. Simak cara mengonsumsi jus hijau agar bermanfaat bagi tubuh.

Apakah Anda suka mengonsumsi sayuran? Saat Anda tidak suka sayur, tetapi ingin mengonsumsinya dengan cepat, maka Anda bisa mencoba menciptakan jus hijau yang memiliki manfaat ajaib bagi kesehatan.

Dilansir dari Washington Post, Selasa (30/1/2024), hal yang paling penting untuk dipahami tentang minuman hijau adalah bahwa meskipun dalam beberapa kasus minuman ini dapat membantu melengkapi pola makan sehat secara keseluruhan, minuman tersebut bukanlah pengganti makanan.

Manfaat jus hijau

Jus hijau bisa menjadi minuman yang menyegarkan, karena terkadang rendah kalori dan rendah gula. Bagi orang yang kurang mengonsumsi sayuran, ini adalah cara mudah mendapatkan nutrisinya.

Kendati begitu, orang-orang tidak boleh berhenti mengonsumsi karbohidrat dan protein secara tiba-tiba saat berencana minum jus hijau. Dan pastikan untuk memeriksa daftar bahan jus buah dan gula.

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa jus hijau tanpa serat dan gula akan lebih mudah diserap dan akan meningkatkan gula darah Anda lebih banyak dibandingkan jika Anda mengonsumsi sayur atau buah utuh. 

Sebenarnya, harga jus hijau sehat itu cukup mahal, sehingga Anda harus bisa menyiasatinya. Caranya, membeli hasil bumi dan membersihkan sayuran yang dibeli, kemudian dijus. Lalu, simpan dalam beberapa botol agar tetap terjaga kesegarannya.

Manfaat smoothie hijau

Berbeda dengan jus, smoothie dibuat dari sayuran utuh, sehingga bisa menjadi sumber serat dan nutrisi yang baik. Namun, sebaiknya Anda membuatnya sendiri. Smoothie yang tersedia secara komersial mungkin mengandung banyak jus – dan sangat sedikit buah atau sayuran utuh.

Bagaimana mungkin campuran buah dan sayuran tidak bergizi? Ini juga salah satu camilan kesehatan yang paling banyak ditemukan, yang bisa Anda beli di toko kelontong, studio yoga, dan bahkan pompa bensin.

Dilansir dari Prevention, Selasa (30/1/2024), jus hijau bisa menjadi cara yang bagus bagi orang yang tidak suka makan sayuran untuk memasukkan sayuran hijau ke dalam makanan mereka.

Pakar nutrisis, Diana Sugiuchi sekaligus pendiri Nourish Family Nutrition mengatakan bahwa jus hijau semaksimal mungkin sedikit lebih rumit dari yang Anda bayangkan—terutama jika Anda menggunakan pembuat jus tradisional.

“Saya pasti akan memilih cara memblender, daripada menggunakan pembuat jus,” kata Sugiuchi, yang mencatat bahwa pembuat jus menghilangkan banyak serat dalam produk Anda, sehingga membuat Anda merasa kenyang.

"Salah satu manfaat utama sayuran adalah kandungan seratnya. Salah satu yang utama adalah serat bertindak sebagai prebiotik dalam saluran pencernaan Anda. Ini membantu memberi makan bakteri baik yang berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita.”

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah gula. Buah memang menyehatkan, tetapi jika Anda mengonsumsi jus jeruk, apel, dan nanas sekaligus, kandungan gulanya bisa sangat banyak. 

Namun jika Anda menyeimbangkan sayuran dan buah, jus hijau bisa menjadi camilan yang enak atau minuman pagi yang dipadukan dengan sarapan Anda. Sebab, kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan Anda.

“Semua sayuran berwarna hijau tua merupakan sumber vitamin A, yang merupakan antioksidan kuat. Anda juga akan mendapatkan vitamin C dan potasium juga,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro