Lensa kontak. Hal yang Harus Diperhatikan oleh Pengguna Lensa Kontak, Efek Samping Hingga Kebersihan /mamahealths.com
Health

Hal yang Harus Diperhatikan oleh Pengguna Lensa Kontak, Efek Samping Hingga Kebersihan

Newswire
Selasa, 30 Januari 2024 - 16:11
Bagikan

Efek Samping Lensa Kontak

Efek samping

Efek samping yang paling sering terjadi adalah yang berhubungan dengan kebersihan penggunaan lensa kontak, yaitu infeksi pada kornea (keratitis).

Keratitis dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun parasit lain. Hal ini disebabkan oleh air keran yang meningkatkan risiko bersarangnya infeksi pada lensa kontak.

Contohnya penggunaan lensa kontak pada saat mandi, buruknya kebersihan tangan saat melepas atau memasang lensa kontak, dan penggunaan air keran untuk merendam atau mencuci lensa kontak.

Efek samping lain yang dapat terjadi adalah kerusakan dari lapisan kornea, iritasi pada mata, reaksi alergi dan mata kering. Efek samping tersebut harus diobati oleh dokter spesialis mata secara tepat, sehingga tidak berkembang menjadi penyakit yang berat dan berujung pada kebutaan.

Ada beberapa tips jitu dalam penggunaan lensa kontak, yang dikenal dengan singkatan 3K (konsultasikan, jaga kebersihan, dan kenali tanda bahaya).

Konsultasikan ke dokter spesialis mata untuk memeriksa kondisi mata, sebelum menggunakan dan memilih lensa kontak yang sesuai. Dokter akan mengevaluasi beberapa faktor penting yang berguna untuk lensa kontak, yaitu kekuatan lensa, material lensa kontak (kandungan air, kemampuan mengantarkan oksigen), diameter, ketebalan, dan kelengkungan lensa untuk memberikan kenyamanan saat menggunakan lensa kontak.

Selain itu, lama penggunaan dan waktu pergantian (harian atau bulanan) lensa kontak juga akan disesuaikan dengan kondisi mata pengguna.

Karena itu, jaga kebersihan lensa kontak. Untuk perawatan, tempat lensa kontak hendaknya diganti setiap tiga bulan. Gunakan cairan steril untuk membersihkan wadah lensa kontak, kemudian gosok wadah dengan jari yang bersih dan keringkan dengan udara dalam posisi menghadap ke atas ataupun ke bawah.

Berdasarkan American Optometric Association, penggunaan lensa kontak secara umum harus atas saran dari dokter spesialis mata untuk rekomendasi lama penggunaan lensa kontak dan jadwal penggantian lensa kontak. Lensa kontak hendaknya tidak digunakan semalaman, kecuali disarankan oleh dokter spesialis mata, karena akan meningkatkan risiko efek samping.

Sebelum memegang lensa kontak, cuci tangan dengan sabun tanpa pewangi dan keringkan tangan dengan kain bebas serat, yaitu kain yang terbuat dari 100 persen bahan polyester. Selalu gunakan produk perawatan lensa kontak yang direkomendasikan oleh dokter spesialis mata. Tidak semua jenis cairan lensa kontak sesuai dengan semua jenis lensa kontak. Cairan salin (sebagai contoh: cairan infus) dan obat tetes air mata tidak mensterilkan lensa kontak Anda. Selanjutnya tahapan pembersihan lensa kontak bisa diikuti sesuai dengan yang tertera pada kemasan produk desinfeksi lensa kontak.

Selain itu, hindari mencuci lensa kontak dengan air keran, menggunakan air liur untuk melembabkan lensa kontak, atau menggunakan cairan pembersih lensa kontak yang sudah kedaluwarsa. Jangan gunakan lensa kontak selama berenang, mandi, atau berendam di air.

Segera lepaskan lensa kontak jika mata mengalami kemerahan, terasa nyeri atau jika penglihatan memburuk saat menggunakan lensa kontak dan segera konsultasikan kepada dokter spesialis mata Anda. Sebaiknya kondisi mata rutin diperiksa oleh dokter spesialis mata, minimal satu kali dalam setahun, walaupun tidak memiliki keluhan, untuk mendapatkan lensa kontak dan produk perawatan lensa kontak yang sesuai untuk mata Anda.

Terakhir adalah kenali tanda bahaya. Jika mata Anda terlihat berbeda, seperti mata merah, ada warna putih di tengah mata, tidak dapat melihat dengan baik atau buram, dan mata terasa perih, nyeri, berair, dan silau, maka konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis mata.

Sambil menunggu waktu pertemuan dengan dokter spesialis mata Anda, maka dapat dilakukan tindakan pertama, yakni meneteskan air mata buatan secara sering (per satu sampai 3 jam) dan kompres dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro