Ilustrasi wanita tidur nyenyak/Freepik
Health

Tips Sehat, Cara Tidur Nyenyak yang Berkualitas

Novita Sari Simamora
Selasa, 30 Januari 2024 - 18:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bila Anda terlalu lelah sepanjang pekan ini, maka ini waktu yang tepat untuk istirahat sejenak dan mengisi tenaga kembali agar bersemangat.

Dilansir dari Belfast Telegraph, Selasa (30/1/2024), jangan pernah merasa mustahil untuk memotivasi diri sendiri. Cobalah untuk beristirahat dengan nyenyak dan membayangkan kasur yang  empuk. Jangan pernah mencoba membuat dan menonton film serial sebelum tidur, karena itu bisa membuat Anda kesulitan tidur. 

Penelitian menunjukkan bahwa tidur malam yang nyenyak dapat meningkatkan tingkat konsentrasi, menjaga kesehatan jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Simak cara agar tidur nyenyak:

1. Mulailah mengonsumsi magnesium

Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi magnesium sebelum tidur dapat membantu membuat Anda tertidur lelap dan tanpa gangguan. Hal ini terutama karena pengaruhnya terhadap otot kita. 

Magnesium berperan dalam relaksasi otot dan meningkatkan kualitas tidur, sekaligus memberi tahu sistem saraf Anda bahwa inilah waktunya untuk istirahat. Anda bisa mengonsumsi magnesium melalui suplemen, atau mendapatkannya secara alami dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Pakar kesehatan juga menyarankan agar Anda mandi sebelum tidur. Mandiri bisa membuat tubuh lebih segar. Benamkan diri dalam bak mandi yang mengandung serpihan magnesium klorida yang memiliki manfaat relaksasi bagi kesehatan.

Air hangat bisa membuka pori-pori, sehingga meningkatkan tingkat penyerapan magnesium. Selain itu, seluruh tubuh terkena mineral, memastikan penyerapan yang cukup.

2. Tetapkan rutinitas waktu tidur dan disiplinlah

Sangat mudah untuk meromantisasi rutinitas waktu tidur yang sempurna seperti gunakan lilin, musik yang menenangkan. Namun kenyataannya, kebanyakan orang tidur dalam keadaan kelelahan, stres, dan berada di ambang kehancuran.

Namun, menyesuaikan hal ini sangat penting untuk mendapatkan ketenangan yang Anda butuhkan. 

3. Tetapkan jam tidur yang  teratur

Perhatikan waktu tidur dan bangun yang konsisten, untuk membantu tidur menjadi kebiasaan yang baik bagi tubuh.

Namun, fleksibilitas adalah kunci agar tidur dapat disesuaikan dengan gaya hidup yang bervariasi, jadi jika Anda memutuskan untuk keluar rumah nanti atau bepergian, itu tidak menjadi masalah bagi diri sendiri.

Setelah Anda batasan menetapkan waktu, maka selanjutnya adalah mengurangi paparan cahaya biru yakni waktu untuk menggunakan ponsel Anda. Berikanlah dirimu waktu untuk relaksasi tanpa layar sebelum tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro