Studi: Menulis Tangan Tingkatkan Kesehatan dan Kemampuan Otak/Govloop
Health

Studi: Menulis Tangan Tingkatkan Kesehatan dan Kemampuan Otak

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 1 Februari 2024 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan korelasi menarik antara tulisan tangan dan kesehatan otak.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mencatat aktivitas otak 36 mahasiswa. Para peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Norwegia akhirnya menyimpulkan bahwa tulisan tangan dapat meningkatkan pembelajaran dan memori.

Para siswa diminta menulis atau mengetik kata-kata seperti hutan atau landak dalam waktu 25 detik. Sebuah penutup sensor, dengan 256 elektroda, ditempatkan di kepala mereka untuk mengukur gelombang otak mereka.

“Temuan utama kami adalah bahwa tulisan tangan mengaktifkan hampir seluruh otak dibandingkan dengan mengetik, yang hampir tidak mengaktifkan otak. Otak tidak terlalu tertantang ketika menekan tombol pada keyboard dibandingkan ketika membentuk huruf-huruf dengan tangan,” kata Audrey van der Meer, rekan penulis studi dan profesor neuropsikologi di NTNU dilansir dari Timesofindia.

Para peneliti menemukan bahwa menulis dengan tangan memerlukan pengaturan komunikasi antara korteks visual, sensorik, dan motorik otak, sedangkan untuk mengetik, siswa harus memvisualisasikan huruf-huruf dan kemudian menggunakan keterampilan motorik mereka untuk meningkatkan kemampuan menulis.

“Ketika Anda harus membentuk huruf dengan tangan, huruf ‘A’ akan terlihat sangat berbeda dari huruf ‘B’ dan memerlukan pola gerakan yang sangat berbeda,” kata van der Meer.

Tulisan tangan melibatkan banyak wilayah otak, meningkatkan fungsi kognitif dan retensi memori. Sifat tulisan tangan yang taktil dan berirama memiliki efek terapeutik, mengurangi stres dan kecemasan dengan mendorong keadaan meditasi.

Goresan yang disengaja dan disengaja dalam pembentukan huruf dapat meningkatkan fokus, perhatian, dan ekspresi diri, menumbuhkan rasa pencapaian dan kreativitas.

Koneksi pribadi dengan pikiran seseorang melalui tulisan tangan memperkuat refleksi diri dan kesejahteraan emosional, memberikan pengaruh menenangkan dan memusatkan pada kesehatan mental.

Tulisan tangan sangat penting untuk perkembangan kognitif anak, meningkatkan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata. Ini membantu dalam pengenalan huruf, ejaan, dan keterampilan bahasa, berkontribusi pada komunikasi yang efektif. Tindakan fisik menulis mengaktifkan berbagai wilayah otak, meningkatkan koneksi saraf dan retensi memori.

Tulisan tangan juga menumbuhkan kreativitas dan ekspresi diri, memungkinkan anak-anak menyampaikan pemikiran secara unik. Selain itu, aspek nyata dari tulisan tangan memberikan pengalaman sensorik yang mungkin tidak dimiliki oleh pengetikan digital, sehingga membantu retensi informasi.

Secara keseluruhan, tulisan tangan memainkan peran mendasar dalam pendidikan dan perkembangan psikologis anak-anak, mendukung keberhasilan akademis dan pertumbuhan kognitif mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro