Patung wajah sejumlah Presiden AS di Mount Rushmore, (dari kiri ke kanan) George Washington, Abraham Lincoln, Thomas Jefferson, dan Theodore Roosevelt/telegraphp.co.uk
Travel

Sejarah 12 Februari, Kelahiran Presiden AS Ke-16 Abraham Lincoln

Mia Chitra Dinisari
Senin, 12 Februari 2024 - 08:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 12 Februari, merupakan sejarah besar di Amerika yang merupakan tanggal kelahiran salah satu presidennya Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat yang keenam belas, dilahirkan di sebuah kabin kayu satu kamar di Sinking Spring Farm di LaRue County, Kentucky pada tanggal 12 Februari 1809.

Ia adalah putra dari Thomas Lincoln, seorang petani pionir yang buta huruf, dan Nancy Hanks Lincoln, yang meninggal ketika Abraham berusia sembilan tahun. Istri kedua Thomas Lincoln, Sarah Bush Johnston, yang, meski buta huruf, mengenali “bakat alami yang luar biasa” dari Abraham dan mendorong sifat kutu bukunya yang terkenal.

Secara otodidak dan berasal dari keluarga sederhana, Abraham Lincoln menjadi salah satu Presiden Amerika Serikat yang paling dihormati dan menarik secara unik.

Dikenal sebagai Abe Jujur, Pemisah Rel, dan Emansipator Hebat, Lincoln adalah seorang orator terampil yang melestarikan Persatuan selama Perang Saudara Amerika dan mengeluarkan Proklamasi Emansipasi. Pembunuhannya pada tahun 1865 berkontribusi pada posisi legendaris Lincoln dalam sejarah dan budaya Amerika.

Terlepas dari statusnya di antara banyak orang Amerika sebagai salah satu presiden terbesar Amerika Serikat, hanya sejumlah kecil negara bagian AS, termasuk Connecticut, Illinois, Missouri, dan New York, yang memperingati ulang tahun Lincoln pada 12 Februari sebagai hari libur umum yang sah.

Di negara bagian lain, ulang tahun Lincoln dirayakan bersamaan dengan ulang tahun Presiden George Washington pada hari Senin ketiga setiap bulan Februari. Gabungan hari libur federal secara resmi dinamai Hari Ulang Tahun Washington tetapi juga dikenal sebagai Hari Presiden.

Ulang Tahun Washington pertama kali dinyatakan sebagai hari libur federal pada tahun 1879 oleh Undang-Undang Kongres. Uniform Holidays Act tahun 1968 mengubah tanggal peringatan dari hari ulang tahun Washington yang sebenarnya pada tanggal 22 Februari menjadi hari Senin ketiga bulan Februari.

Karena Undang-undang ini, dan fakta bahwa ulang tahun Presiden Lincoln jatuh pada tanggal 12 Februari, banyak orang sekarang menyebut hari libur tersebut sebagai “Hari Presiden” dan menganggapnya sebagai hari untuk menghormati semua presiden Amerika. Namun, baik Uniform Holidays Act maupun undang-undang berikutnya tidak mengubah nama hari libur dari Ulang Tahun Washington menjadi Hari Presiden.

Beberapa penganut Lincoln telah berusaha membuat hari libur untuk menghormati Presiden keenam belas. Pada tahun 1873, Julius FrancisExternal, seorang penjaga toko dari Buffalo, New York, mengusulkan hari libur untuk merayakan Presiden Lincoln.

Francis, seorang sarjana dan kolektor memorabilia Perang Saudara dan Lincoln, menyatakan bahwa kampanyenya untuk liburan Lincoln adalah “istri saya dan hidup saya.” Paus Fransiskus mengirimkan pamflet peringatan yang rumit kepada Kongres sebagai bagian dari kampanyenya dan mengorganisir perayaan publik pertama ulang tahun Lincoln di Buffalo.

Hingga kematiannya pada tahun 1881, Paus Fransiskus mengadakan perayaan tahunan ulang tahun Lincoln, menyewa aula dan mengorganisir pembicara, penyair, dan musisi untuk merayakan kemartiran presiden tersebut. Usahanya untuk membujuk Kongres agar menetapkan hari libur resmi Hari Ulang Tahun Lincoln tidak berhasil, tetapi pada tahun 1877 Francis mengorganisir Asosiasi Ulang Tahun Buffalo Lincoln untuk melanjutkan kampanye tersebut setelah kematiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro