Menu sarapan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi/Freepik
Health

Pentingnya Sarapan untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 17 Februari 2024 - 09:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang melewatkan sarapan karena kesiangan, malas atau bahkan takut gemuk.

Padahal, skip sarapan tidak baik untuk kesehatan Anda.

Dikutip dari Webmd, sarapan memulai metabolisme Anda, dan membantu Anda membakar kalori sepanjang hari.

Ini juga memberi Anda energi yang Anda perlukan untuk menyelesaikan sesuatu dan membantu Anda fokus di tempat kerja atau di sekolah. Itu hanyalah beberapa alasan mengapa ini adalah waktu makan terpenting hari ini.

Banyak penelitian yang mengaitkan sarapan pagi dengan kesehatan yang baik, termasuk daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik, kadar kolesterol LDL “jahat” yang lebih rendah, dan kemungkinan terkena diabetes, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan yang lebih rendah.

Namun, sulit untuk mengetahui apakah sarapan menyebabkan kebiasaan sehat ini atau apakah orang yang mengonsumsinya memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Melewatkan makan pagi juga dapat mengganggu ritme puasa dan makan tubuh Anda. Saat Anda bangun, gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja sebaik mungkin biasanya rendah. Sarapan membantu mengisinya kembali.

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan bahan bakar tersebut dari makanan, Anda mungkin merasa kehabisan energi -- dan kemungkinan besar Anda akan makan berlebihan di kemudian hari.

Sarapan juga memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan beberapa vitamin dan nutrisi dari makanan sehat seperti susu, biji-bijian, dan buah-buahan. Jika Anda tidak memakannya, kemungkinan besar Anda tidak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Banyak orang melewatkan waktu makan pagi karena terburu-buru keluar rumah. Itu sebuah kesalahan. Anda membutuhkan makanan di sistem Anda jauh sebelum waktu makan siang. Jika Anda tidak makan terlebih dahulu, Anda mungkin akan merasa sangat lapar di kemudian hari sehingga Anda mengemil makanan yang tinggi lemak dan tinggi gula.

Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga asupan nutrisi seimbang melalui sarapan sehat serta menjaga kebugaran tubuh dengan kegiatan olahraga. Sarapan yang bernutrisi dapat menyuplai energi bagi tubuh dan otak untuk tetap aktif memulai kegiatan di pagi hari.

“Sarapan yang sehat dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk menciptakan komunitas yang sehat dan bugar. Berbagai penelitian dan publikasi kesehatan menunjukkan bahwa daya tahan dan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan produktivitas yang memadai akan dimiliki oleh individu dengan nutrisi yang baik. Namun, kesibukan masyarakat modern saat ini sering menjadi hambatan untuk sarapan di pagi hari.” ujar Andam dalam kegiatan kampanye Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2024 dikutip dari keterangannya.

Program ini menggelar serangkaian kegiatan edukasi terhadap masyarakat, diantaranya berbagi informasi mengenai pentingnya sarapan sehat bernutrisi, dan kegiatan olahraga serta sarapan sehat bersama.

Hasil Survei Asia Pacific Health Priority 2023, yang menemukan bahwa hampir 83% konsumen di Indonesia mengubah prioritas kesehatannya setelah pandemi, dengan prioritas utama antara lain 68% lebih fokus pada gaya hidup sehat dan aktif melalui makanan sehat dan olahraga teratur, 48% akan lebih  pendekatan holistik terhadap kesehatan dengan kombinasi antara mental, fisik dan sosial dan 42% dengan menjaga kualitas tidur yang lebih baik.

Selain itu, 95% konsumen di Indonesia mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan kesehatan mereka, antara lain meningkatkan kesehatan secara keseluruhan (67%), meningkatkan kekebalan tubuh (60%) dan memulai kebiasaan makanan yang sehat (54%) merupakan tiga tujuan kesehatan utama yang ingin mereka capai, diikuti dengan merasa lebih bugar (52%) dan meningkatkan kesehatan mental (49%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro