Kenali makanan yang sehat dan baik untuk menciptakan keseimbangan hormon
Health

Simak 10 Makanan Penyeimbang Hormon Bagi Perempuan dan Laki-laki

Redaksi
Senin, 19 Februari 2024 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Hormon memiliki peran penting dalam keseimbangan kesehatan bagi perempuan dan laki-laki. Produksi hormon berasal dari kelenjar endokrin yang mengalir ke seluruh aliran darah seperti sel, organ, serta jaringan untuk memberikan dampak tertentu. 

Ada sekitar 50 jenis hormon di dalam tubuh manusia. Contohnya adalah hormon estrogen, progesteron yang terdapat pada perempuan. Hormon ini nantinya akan bekerjasama dengan molekul lainnya sehingga menjadi suatu reaksi tertentu di dalam tubuh.

Penyakit sering muncul karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh manusia. Ketidakseimbangan hormon muncul karena ketidakseimbangan bahan pangan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Dilansir dari healthline.com, Senin (19/2/2024), kenali makanan yang bisa menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, seperti alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, sayuran hijau, dan masih banyak lainnya.

Ini 10 jenis makanan yang menjadi penyeimbang hormon dalam tubuh, yaitu:

1. Alpukat

Alpukat merupakan makanan dengan kadar sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik. Khasiat alpukat sendiri mampu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida dalam tubuh, yang nantinya akan mengurangi kadar peradangan serta membangun hormon di dalam tubuh secara alami.

2. Quinoa

Quinoa merupakan makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Khasiatnya adalah untuk menyeimbangkan hormon dengan cara mengurangi kadar gula darah, meningkatkan profil lipid, dan mengurangi kadar lemak di dalam perut. 

3. Biji chia

Biji chia atau yang dikenal dengan chia seed merupakan makanan dengan sumber serat yang baik untuk peningkatan fungsi GI. Ketika di konsumsi, biji chia akan memberikan efek anti-inflamasi serta dapat meningkatkan pengaturan tekanan darah.

4. Salmon

Salmon merupakan makanan dengan sumber lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Kandungan protein di dalamnya mampu meningkatkan rasa kenyang dan tidak menyebabkan fluktuasi gula darah.

makanan penyeimbang hormon
makanan penyeimbang hormon

5. Blueberry

Blueberry memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi memiliki khasiat untuk mengurangi stres pada sel di dalam tubuh manusia. Khasiat lainnya adalah mampu meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan serat dan lemak tak jenuh ganda yang memiliki khasiat untuk menurunkan peradangan dan mengurangi lemak perut. Khasiat ini telah terbukti mampu membasmi sel kanker payudara, yang berarti dapat meningkatkan keseimbangan hormon bagi wanita dengan kanker sensitif estrogen.

7. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Khasiat dari teh hijau sendiri adalah membantu memaksimalkan kesehatan seluler di dalam tubuh. Bagi wanita yang memiliki riwayat PCOS, teh hijau mampu mengurangi kadar resistensi insulin dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

8. Yoghurt Yunani

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang sehat sehingga mampu memaksimalkan mikrobioma usus manusia dan memungkinkan adanya pembangunan hormon alami dalam tubuh.

minuman untuk seimbangkan hormon
minuman untuk seimbangkan hormon

9. Lentil

Lentil memiliki kandungan serat dan sumber pati yang sangat baik bagi tubuh. Khasiatnya adalah untuk mengurangi fluktuasi gula darah, menurunkan kadar lemak perut, serta melindungi mikrobioma usus yang dapat mengendalikan kadar hormon secara alami di dalam tubuh manusia.

10. Telur

Telur memiliki sumber protein dan mengandung kolin yang sangat baik bagi kesehatan otak. Khasiat lainnya adalah mampu meningkatkan nafsu makan dan berkontribusi pada penurunan berat badan manusia. Sehingga efek yang dihasilkan mampu membuat seseorang lebih mudah terasa kenyang. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro