Tas Birkin keluaran rumah mode Hermes/Reuters
Fashion

Tips Menyimpan dan Melindungi Tas Desainer Mewah

Mutiara Nabila
Kamis, 29 Februari 2024 - 18:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Peminat barang mewah termasuk untuk tas mewah buatan desainer ternama dunia semakin banyak di Indonesia. Tak hanya sekadar punya, tapi juga harus tahu cara merawat dan menyimpannya.

Tas tangan mewah saat ini bisa dijadikan sebuah investasi. Oleh karena itu, jangan lupa bahwa kondisi tas akan menentukan nilainya di masa depan.

Namun, bagaimana pun Anda ingin menjaga tas Anda, tapi jika digunakan pasti akan menyebabkan kerusakan. Tas bekas yang kondisinya masih bagus biasanya karena tidak digunakan.

Nah, jika ingin digunakan sebagaimana fungsinya, perlu ada perhatian dan perawatan khusus untuk menjaga bentuk tas.

Simak tips untuk memastikan tas mewah Anda bertahan seiring waktu:

1. Jaga kebersihannya

Berhati-hatilah dengan tas berharga Anda seperti Anda memperlakukan barang bernilai tinggi. Saat Anda mengemas tas, pertimbangkan isinya dan pengaruhnya terhadap interior.

Jangan sampai kecelakaan seperti ketumpahan air, losion, lipstik yang terbuka, atau tinta pulpen yang bocor jadi penyebab kerusakan yang Anda tidak sadari.

Selain itu, pastikan Anda mengeluarkan isi tas, jangan sampai meninggalkan makanan ringan yang Anda bawa untuk Anda dan anak-anak dan malah jadi basi di dalam tas. Lalu pada bagian luar tas, pikir lagi sebelum meletakkan tas Anda di lantai, meja, atau bahkan di pangkuan.

Kemudian periksa laporan cuaca sebelum bepergian. Pasalnya, saat hujan mungkin tas Anda memerlukan perlindungan, jadi bawalah pelindung dompet (seperti yang disertakan dengan Hermès Birkins dan Kellys), kantong plastik, atau kantong debu agar tak kena hujan.

Setelah selesai menggunakan tas Anda, pastikan untuk mengosongkan seluruh isinya dan membersihkan permukaan bagian dalam dan luar dengan baik. Ada gunanya menanyakan ahlinya pada saat pembelian tentang cara terbaik membersihkan kulit dan lapisan tertentu.

Kulit anak sapi, suede, dan eksotik masing-masing memiliki aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

2. Pertahankan bentuknya

Tidak ada seorangpun yang menyukai tas yang bentuknya tidak beraturan. Baik terjepit, meregang, kendor, atau tergores, karena perubahan bentuk dan desain aslinya ini seringkali dapat dicegah.

Taruh pengisi pada tas Anda saat menyimpannya, yang akan membantu menjaga bentuk aslinya. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan mengisi kantong dengan bubble wrap atau kertas tisu putih tanpa pewangi.

Untuk tas dengan strap, pastikan untuk memasukkan strap ke dalam tas agar tidak meninggalkan bekas pada kulit. Melapisi tali rantai dengan tisu akan membuat tampilannya tetap sempurna.

3. Tutupi dengan kantong

Tas tangan Anda kemungkinan besar dilengkapi dengan dustbag atau kantong debunya sendiri saat Anda membawanya pulang dari toko.

Setelah dibersihkan dan diisi, pastikan untuk mengemas kembali tas ke dalam kantong debu untuk penyimpanan yang ideal. Ini akan mencegah debu dan jamur sampai digunakan berikutnya.

Jika Anda tidak memiliki kantong debu, sarung bantal juga bisa digunakan jadi pengganti. Pastikan kain yang Anda gunakan berwarna putih atau krem agar tidak menimbulkan risiko kelunturan warna.

4. Etiket Lemari

Jika punya ruangan yang cukup, masukkan kembali tas ke dalam kotaknya dan tumpuk di lemari Anda. Namun, jika ruangannya terbatas, maka menyimpannya dalam kantong debu sudah cukup.

Yang terbaik adalah mengatur dompet Anda dalam posisi tegak. Namun pastikan bawahnya harus tetap rata. Ini akan membantu dompet Anda mempertahankan bentuk aslinya.

Jika Anda ingin menggantungkan tas pada pengait, pastikan Anda menggantungnya pada tali serut kantong debu dan bukan pada tali dompet karena dapat menyebabkan tas tangan Anda melar dan tidak berbentuk. Jika tas memiliki pegangan, pastikan rak tempat Anda menyimpannya cukup lebar agar pegangannya tidak berubah bentuk.

Intinya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada dua tas yang bersentuhan langsung satu sama lain atau terkena debu atau jamur.

Agar tidak bingung saat ingin menggunakannya, beri label pada setiap kotak/kantong debu. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk mengklik gambar polaroid setiap tas dan menggunakannya sebagai label!

Tips Tambahan untuk Iklim Lembab

Tas dalam kondisi cuaca lembab memerlukan perawatan dan perhatian lebih. Mengikuti tips di atas saja tidak akan cukup. Anda perlu menginvestasikan lebih banyak waktu dan energi untuk memastikan kelembapan tas Anda tidak terganggu.

1. Angin-anginkan secara teratur

Terkadang koleksi tas bisa taknkeluar dari lemari penyimpanan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Meskipun menyimpannya di lemari dalam kantong debu dapat berfungsi dengan baik bagi sebagian besar orang, tas dalam kondisi cuaca lembab harus diangin-anginkan selama 24 jam di ruangan ber-AC untuk mencegah jamur.

2. Perawatan Silikon

Masukan sekantong atau lebih silikon dalam bentuk silica gel untuk menyerap kelembapan dan mencegah tas jadi berjamur.

3. Fasilitasi dengan dehumidifier

Dehumidifier tidak hanya akan membantu melindungi tas Anda tetapi juga pakaian, jaket, dan sepatu dari kelembapan. Barang ini seharusnya juga baik untuk Anda di kondisi lembap, dan sangat berharga untuk investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro