Ilustrasi obesitas/Istimewa
Health

Lebih Dari 1 Miliar Orang di Dunia Hidup dengan Obesitas

Mutiara Nabila
Jumat, 1 Maret 2024 - 13:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menjelang peringatan Hari Obesitas Dunia, lebih dari 1 miliar anak-anak, remaja dan orang dewasa hidup dengan obesitas di seluruh dunia.  

Menurut penelitian dalam jurnal The Lancet, obesitas merupakan salah satu bentuk kekurangan gizi yang paling umum di banyak negara.

Dr. Majid Ezzati, penulis senior dan profesor di Imperial College London, mengatakan statistik yang mengejutkan ini dicapai lebih awal dari yang diperkirakan, sebagian besar didorong oleh transisi cepat dari malnutrisi dalam bentuk berat badan kurang menjadi obesitas di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Perkiraan sebelumnya oleh Federasi Obesitas Dunia menunjukkan bahwa akan ada 1 miliar orang yang hidup dengan obesitas pada 2030, namun jumlah tersebut telah terlampaui pada 2022.

Analisis global terbaru, yang dilakukan oleh lebih dari 1.500 peneliti dari Kolaborasi Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular dan Organisasi Kesehatan Dunia, menganalisis pengukuran tinggi dan berat badan lebih dari 220 juta orang di lebih dari 190 negara.

Analisis ini berfokus pada angka kekurangan berat badan dan obesitas, keduanya merupakan bentuk malnutrisi yang merugikan kesehatan masyarakat. 

Orang dewasa tergolong obesitas jika indeks massa tubuh (BMI) lebih besar atau sama dengan 30 dan tergolong kurus jika BMI di bawah 18,5. Sementara itu, anak-anak dan remaja didefinisikan sebagai obesitas atau kekurangan berat badan berdasarkan kriteria usia dan jenis kelamin berdasarkan usia.

Dr. Francesco Branca, direktur Departemen Gizi dan Keamanan Pangan WHO, mengatakan, kekurangan gizi dan obesitas adalah dua sisi dari masalah yang sama, yaitu kurangnya akses terhadap pola makan yang sehat.

Analisis tersebut memperkirakan hampir 880 juta orang dewasa dan 159 juta anak-anak hidup dengan obesitas pada tahun 2022. Angka obesitas di kalangan anak-anak dan remaja di seluruh dunia meningkat empat kali lipat dari 1990 hingga 2022, sementara angka obesitas di kalangan orang dewasa meningkat lebih dari dua kali lipat.

Meskipun tingkat obesitas meningkat, jumlah orang yang mengalami kekurangan berat badan menurun di sebagian besar negara. Menurut hasil riset tersebut, angka obesitas kini lebih tinggi dibandingkan angka kekurangan berat badan di dua pertiga negara di dunia.

Transisi ini paling jelas terlihat di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah, khususnya di Polinesia dan Mikronesia, Karibia, serta Timur Tengah dan Afrika Utara. 

Berdasarkan analisis tersebut, negara-negara tersebut kini memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi dibandingkan negara-negara maju lainnya. 

Obesitas masalah dunia...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro