10 Makanan dan Minuman yang Ampuh Hilangkan Bau Badan/istimewa
Health

10 Makanan dan Minuman yang Ampuh Hilangkan Bau Badan

Mutiara Nabila
Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bau badan dialami oleh banyak orang dan ini merupakan hal yang normal terjadi. Namun, memiliki bau badan pasti membuat tidak nyaman, bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. 

Untuk itu, penting untuk mengatasi bau badan supaya tidak mengganggu kehidupan sehari-hari, misalnya sampai bikin minder saat harus tampil di depan umum.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan adalah dengan menggunakan deodoran dan antiperspiran. Kemudian, juga bisa dibantu dari pola makan. 

Ada beberapa makanan yang harus dihindari jika memiliki tubuh yang sensitif pada bau badan, misalnya junk food, makanan pedas, kari, sayuran seperti kubis, brokoli, hingga kembang kol.

Di sisi lain, ada pula makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah timbulnya bau badan dari dalam, berikut ini:

1. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti lemon dan jeruk dapat meminimalkan penumpukan racun dalam tubuh sehingga membatasi pertumbuhan bakteri penghasil bau. Segelas air lemon hangat atau jus jeruk segar juga bisa sangat menyegarkan sistem tubuh Anda.

2. Teh Hijau

Dikenal karena sifat antioksidannya, konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu melawan bau mulut, bau badan, dan bau kaki. Minumlah dua hingga tiga cangkir teh hijau dengan madu setiap hari. 

3. Sayuran Berdaun Hijau

Makan banyak sayuran berdaun hijau bermanfaat dalam beberapa cara. Kangkung, bayam, dan selada air mengandung klorofil tingkat tinggi yang dapat menetralisir senyawa penyebab bau. 

4. Rempah Kelabat (Fenugreek)

Biji dan daun fenugreek memiliki kemampuan melawan bau dengan menghilangkan racun dari tubuh Anda. Rendam fenugreek dalam air atau kunyah beberapa biji di pagi hari.

5. Kapulaga

Biji rempah kecil ini sering kali ditemukan di nasi biryani, tetapi ada alasan tersendiri mengapa mereka dijadikan bumbu masakan. Menambahkan sejumput kapulaga tidak hanya meningkatkan cita rasa makanan, tetapi juga bisa menambah aroma alami tubuh Anda.

6. Olahan Susu

Penumpukan bakteri menjadi salah satu pemicu bau badan. Hal ini bisa diminimalisir dengan konsumsi olahan susu seperti yogurt atau susu siap minum. 

Olahan susu umumnya mengandung zinc yang bisa membantu mengurangi perkembangbiakan bakteri dari dalam tubuh. 

7. Ikan

Bagi pecinta daging merah, ada baiknya mengurangi asupannya dan menggantikannya dengan ikan. Pasalnya, protein dari daging merah yang diproses di dalam tubuh menghasilkan keringat dengan bau yang tidak sedap. 

Oleh karena itu, ikan bisa menjadi pilihan untuk tetap memenuhi asupan protein pengganti daging. Ikan juga memiliki berbagai manfaat lain bagi tubuh, salah satunya meningkatkan perkembangan otak. 

8. Jamur Kancing

Jamur kancing masuk dalam daftar makanan yang bisa menghilangkan bau badan. Berdasarkan Journal of Traditional and Complementary Medicine, jamur dengan nama lain jamur champignon ini bisa mengurangi aroma bau badan.

9. Makanan Kaya Serat

Selain sayuran hijau, makanan lainnya yang kaya serat juga bisa bermanfaat untuk menghilangan bau badan. Buah-buahan, gandum utuh, dan kacang-kacangan, serta sayur berwarna seperti wortel juga ampuh untuk mengatasi bau badan. 

10. Air Kelapa

Untuk mengurangi bau badan, minum air kelapa yang mengandung elektrolit alami yang bisa membantu mengatasi dehidrasi yang bisa menyebabkan bau badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro