Solusi Hempaskan Bau Badan Menyengat Pakai Bahan Alami/Istimewa
Health

Solusi Hempaskan Bau Badan Menyengat Pakai Bahan Alami

Redaksi
Rabu, 28 Februari 2024 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bau pada badan merupakan kondisi wajar yang dialami oleh banyak orang. Namun, jika tidak diatasi dengan baik dapat mengganggu orang lain dan menurunkan rasa percaya diri.

Keluarnya aroma tidak sedap dalam tubuh disebabkan oleh banyak faktor, seperti keringat yang berlebih, penyakit gula darah, benjolan pada ketiak, efek obat-obatan, sampai kegemukan.

Munculnya bau badan biasanya muncul di bagian ketiak, telapak tangan, dan kaki. Biasanya, aroma dari bau badan memiliki ciri khasnya tersendiri, di mana ada yang berbau apek, tengik, dan asam

Hadirnya bau tidak sedap ini kerap terjadi saat kita beraktifitas dengan kondisi panas yang menyengat, di mana tubuh kita akan memproduksi keringat banyak sehingga mengeluarkan aroma tersendiri dalam tubuh.

Melansir Healthline ada beberapa solusi untuk menghempaskan bau badan Anda

1. Gunakan sabun antiseptik saat mandi

Penggunaan sabun antiseptik berbeda dengan sabun lainnnya, lantaran kandungan pada sabun tersebut bisa menghilangkan dan menahan pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Tentunya, hal ini dapat membantu Anda mengurangi keluarnya aroma tidak sedap pada tubuh.

2. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat

Menggunakan baju berbahan dasar kain katun dapat membantu penyerapan keringat. Kain ini akan membantu Anda mengurangi penumpukan bakteri saat berkeringat. Hindari penggunaan pakaian yang tidak menyerap keringat seperti bahan pakaian di baju olahraga.

3. Mencukur bulu ketiak

Studi yang dilakukan pada tahun 2016 menyatakan bulu pada ketiak mengakibatkan penumpukan bakteri saat berkeringat, sehingga potensi terjadinya bau badan jauh lebih tinggi.

4. Kurangi stres

Stres tidak hanya berdampak terhadap kondisi psikologis dan mental seseorang, melainkan bisa berpotensi terjadinya bau badan. Hal ini diakibatkan karena kelenjar keringat akan memproduksi keringat lebih banyak saat stres.

5. Gunakan deodorant atau bedak khusus ketiak

Deodorant dan bedak khusus ketiak dapat membantu Anda meminimalisir terjadinya bau badan. Kedua item tersebut akan menahan menahan pertumbuhan bakteri saat munculnya keringat.

6. Ganti pakaian bersih setelah beraktivitas

Selain menggunakan pakaian berbahan dasar katun, langkah yang lebih efektif adalah mengganti pakaian yang telah banyak menyerap keringat. Hal ini juga berlaku ketika pakaian yang Anda gunakan basah, karena kadar kelembapan turut menyumbang pertumbuhan bakteri.

7. Gunakan parfum

Penggunaan parfum bisa menutupi aroma tidak sedap dalam tubuh. Akan tetapi, parfum tidak dapat menahan produksi bakteri penyebab bau badan.

Akan tetapi, sebagian orang memiliki kondisi kulit sensitif saat mengggunakan alat bantu penghilang bah badan yang memiliki bahan dasar kimia. Melansir Kemenkes, Anda bisa mengatasi bau badan dari bahan-bahan alami, yaitu:

1. Rebusan daun sirih

Sudah dari dulu daun sirih dikenal mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya untuk mengurangi bau badan. Anda bisa mengambil beberapa helai daun sirih lalu direbus. Air rebusan tersebut Anda tampung di baskom atau bak dan kemudian Anda guanakan untuk mandi.

2. Baking soda dan lemon

Dua bahan tersebut biasa ditemui di dapur, sehingga mudah untuk diterapkan. Anda perlu menuangkan dua sendok baking soda ke wadah dan kemudian menambahkan perasan jeruk lemon. Setelah itu, aduk hingga membentuk pasta. Langkah selanjutnya adalah mengoleskannya ke ketiak dan tunggulah beberapa saat untuk kemudian dibilas menggunakan air.

Baking soda berfungsi untuk penyerapan keringat, sedangkan perasan jeruk lemon berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri

3. Bunga kecombrang

Bunga kecombrang mempunyai kandungan saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral yang dapat membantu mengurangi bau badan. Cara membuatnya adalah harus menumbuk kasar bunga kecombrang dan gunakan sebagai sabun saat mandi.

4. Daun kemangi

Daun ini mempunyai kandungan minyak Atsiri dan kandungan antiseptik yang dipercaya dapat mengurangi bau badan. Anda bisa mengonsumsinya sebagai bahan pendamping makanan atau dapat dijadikan teh dengan cara dikerinkan lebih dulu dan ditumbuk lalu diseduh dengan air hangat.

5. Tumbuhan lidah buaya

Gel pada lidah buaya mempunyai kandubgan antioksidan dan anti bakteri yang bisa menjadi solusi mengurangi bau badan. Cara penggunaanya adalah gel lidah buaya langsung anda oleskan ke ketiak dan biarkan selama semalam, lalu bilaslah ketika pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro