Destinasi wisata di Mandeh
Travel

Pandan View, Rekomendasi Tempat Wisata ke Mandeh Sumatra Barat

Muhammad Noli Hendra
Selasa, 5 Maret 2024 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, PAINAN - Kawasan wisata bahari Mandeh yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, merupakan objek wisata bahari yang memiliki pemandangan menakjubkan.

Wisata Mandeh awal mula muncul di kanal media sosial sekitar tahun 2015 silam, serta didukung dengan kondisi jalan yang sangat baik pada tahun 2019, sehingga sampailah pada saat ini, Mandeh menjadi objek wisata bahari yang primadona, selain dari wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang juga terkenal dengan pantai dan ombak yang indah.

Pesona Mandeh ini, bisa dikatakan berada di sepanjang jalan, mulai dari Sungai Pinang, Sungai Nyalo, Mandeh, hingga sampai ke Carocok Tarusan. Sepanjang perjalanan setiap orang yang melintasi jalan tersebut, dijamin akan menikmati keindahan Mandeh.

Keindahan Mandeh ini, karena memiliki hamparan laut yang terdapat banyak pulau-pulau. Banyak wisatawan yang datang ke Mandeh pernah bilang bahwa Mandeh mirip dengan pemandangan di Raja Ampat Papua.

Tapi, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Mandeh sepanjang hari hingga melihat matahari terbenam, ada tempat yang rekomended namanya Pandan View.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Gunawan, Pandan View merupakan satu-satunya tempat yang layak dan terbaik untuk dijadikan pilihan menikmati keindahan Mandeh.

"Lengkap di Pandan View ini, semuanya ada. Mau bawa keluarga, kantoran. Wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, tidak malu lah untuk merekomendasikan Pandan View ini," katanya.

Di tempat Pandan View ini, bicara soal fasilitas, bisa dikatakan paling lengkap untuk sebuauh kawasan wisata bahari yang dimiliki Sumbar. Karena di tempat ini, tersedia penginapan, resto, kolam renang, wahana bermain di laut, serta adanya kapal yang bersiapkan menuju pulau-pulau yang ada di Mandeh.

Begitupun soal resto, wisatawan yang datang akan menikmati segala bentuk rasa makanan lokal. Serta ada beragam menu minuman, mulai yang hangat hingga yang dingin, dan yang tidak tertinggal minuman segar dan menyehatkan yakni kelapa muda.

"Belum ada tempat yang bagus dan lengkap untuk bisa membuat wisatawan betah di Mandeh ini, selain di Pandan View," sebut Gunawan.

destinasi wisata di mandeh sumatra barat
destinasi wisata di mandeh sumatra barat

Selain itu, di Pandan View ini juga memiliki titik dermaga yang bisa menjadi akses untuk menuju ke pulau-pulau. Dimana untuk pulau terdekat yang bisa dijangkau yakni Pulau Setan.

Dispar Pemuda dan Olahraga setempat menargetkan investasi di kawasan terus berkembang. Karena di Pesisir Selatan ini, per tahunnya kunjungan bjsa mencapai 2 juta orang, dengan objek wisata fabvorit itu yakni Pantai Carocok Painan dan kawasan Mandeh.

Saat ini juga tengah dibangun tempat yang lebih indah di salah satu pulau yang ada di Mandeh, dan investornya merupakan investor lokal.

Pulau yang bisa dikunjungi di kawasan wisata mandeh yakni Pulau Taraju, Pulau Setan atau sutan, Pulau Sironjong Besar, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Marak, Pulau Kapo–kapo. Yang paling terkenal hingga manca negara adalah Pulau Cubadak.

Kawasan wisata Mandeh ini memiliki keindahan bawah laut, terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan. Terdapat sekitar 70 hektare terumbu karang yang masih alami. 

Hal menarik lainnya yang tak kalah menarik di Mandeh ini, juga bangkai kapal MV Boelongan. Keberadaan bangkai kapal Belanda yg tenggelam di kawasan ini menambah nilai tersendiri bagi wisata bawah laut wilayah ini.

Di kawasan wisata Mandeh juga terdapat hutan mangrove seluas 389 hektare, serta berbagai biota laut yang beraneka ragam. Dengan Keindahan Taman Nasional Laut Mandeh baik dari daratan maupun bawah laut (bahari), kawasan wisata mandeh pantas disebut Surga dari Sumatra, Paradise from West Sumatra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro