Kacang Mede
Health

Simak Ragam Manfaat Susu Kacang Mede, Alternatif Buat Si Intoleran Susu Hewani

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 8 Maret 2024 - 16:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buat Anda yang punya intoleransi atau terhadap susu hewani bisa mencoba alternatif susu nabati.

Susu nabati juga merupakan jenis susu yang sehat karena merupakan plant-based food.

Saat ini, susu nabati juga sudah banyak digunakan untuk campuran minuman kopi, sebagai salah satu minuman favorit banyak orang.

Sayangnya banyak orang masih memiliki persepsi bahwa susu nabati memiliki rasa yang kurang enak dan sulit untuk dicampurkan pada bahan makanan ataupun minuman, membuat banyak orang enggan memilih susu nabati.

Barista Indonesia yang cukup terkenal Mikael Jasin mengatakan bahwa susu memiliki peran yang sangat penting di industri kopi baik itu untuk pelaku bisnis ataupun para penikmatnya.

Karena itu, katanya, susu lactose-free, gluten-free, dan dairy free dapat menjadi alternatif bagi para barista serta para penikmat kopi yang mengalami intoleransi laktosa dan yang ingin memulai hidup lebih sehat.

Chief Executive Officer (CEO) Arummi Foods, Nacitta Kanyandara mengatakan salah satu susu nabati yang bisa menjadi alternatif dari para intoleran susu hewani yakni susu kacang mede. 

Dia mengatakan susu kacang mede memiliki tekstur “creamy” dan rasa gurih khas kacang mede dengan kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Dilansir dari Healthline, berikut ragam manfaat susu mede

1. Sarat Dengan Nutrisi

Susu kacang mete mengandung lemak sehat, protein, serta beragam vitamin dan mineral.

Sebagian besar lemak dalam minuman bergizi tinggi ini berasal dari asam lemak tak jenuh yang meningkatkan kesehatan jantung dan menawarkan manfaat lainnya

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian telah mengaitkan susu mete dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Minuman nabati ini kaya akan asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Mengonsumsi lemak ini dibandingkan lemak yang kurang sehat dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Susu kacang mete juga mengandung potasium dan magnesium – dua nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.

Dalam tinjauan terhadap 22 penelitian, orang dengan asupan kalium tertinggi memiliki risiko stroke 24% lebih rendah

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Kacang mete kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Senyawa ini dapat mencegah kerusakan sel pada mata yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Satu studi menemukan hubungan yang signifikan antara rendahnya kadar lutein dan zeaxanthin dalam darah dan kesehatan retina yang buruk.

Mengonsumsi makanan kaya lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan.

4. Dapat Membantu Pembekuan Darah

Susu kacang mete kaya akan vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah.

Tidak mendapat cukup vitamin K dapat menyebabkan pendarahan berlebihan.

Meskipun kekurangan vitamin K pada orang dewasa yang sehat sangat jarang terjadi, orang dengan penyakit radang usus (IBD) dan masalah malabsorpsi lainnya lebih cenderung mengalami kekurangan .

Mengonsumsi makanan kaya vitamin K, seperti susu mete, dapat membantu menjaga kecukupan kadar protein ini.

5. Dapat Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Minum susu kacang mete dapat membantu mengontrol gula darah – terutama pada penderita diabetes.

Kacang mete mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kontrol gula darah dalam tubuh Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa dalam kacang mete yang disebut asam anakardat merangsang penyerapan gula darah yang bersirkulasi di sel otot tikus.

Penelitian terhadap kacang serupa yang juga mengandung asam anakardat menemukan bahwa ekstrak dari susu kacang secara signifikan menurunkan kadar gula darah pada tikus dengan diabetes tipe 2.

"Kami menciptakan Arummi Cashew Milk adalah produk susu kacang mede lokal pertama di Indonesia yang aman dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa karena rendah kalori, rendah gula dan tidak mengandung kolesterol. Selain itu kaya akan tembaga dan magnesium serta antioksidan yang berasal dari kacang mede untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan imunitas tubuh. Selain memiliki kandungan gizi yang melimpah, juga berbeda dengan susu nabati lainnya," paparnya. 

Menurut Mikael Jasin, susu nabati memiliki keunggulan seperti; Rasa gurih khas kacang mede membuatnya sangat cocok untuk dicampurkan dengan minuman panas ataupun dingin sehingga menghadirkan cita rasa minuman yang sangat enak dan unik pada sajian kopi. Tekstur creamy yang hampir mirip dengan susu sapi mampu meningkatkan rasa minuman kopi secara keseluruhan, mempermudah proses forthing sehingga dapat menghasilkan foam yang bagus, halus, shiny, dan glossy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro