Manfaat susu unta
Health

6 Manfaat Susu Unta, Bisa untuk Program Diet Lho

Redaksi
Jumat, 15 Desember 2023 - 19:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Susu unta selama berabad-abad telah menjadi sumber nutrisi penting di lingkungan yang keras seperti gurun.

Meskipun sudah banyak berbagai jenis susu dari tumbuhan dan hewan. Saat ini susu unta diproduksi dan dijual secara komersial di banyak negara.

Susu unta memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Selain itu, susu unta aman untuk orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Tidak seperti bentuk susu lainnya, susu unta memiliki kadar gula dan kolesterol yang lebih rendah, dan memiliki jumlah vitamin dan mineral yang lebih tinggi seperti Kalium, Magnesium, Seng, Besi, Vitamin A, B, C, D, E dan Kalsium.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah manfaat susu unta untuk kesehatan.

1. Mencegah alergi susu

Apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi dan produk turunannya, Anda tidak perlu khawatir saat mengonsumsi susu unta. 

Sebab, susu unta tidak mengandung jenis protein beta-laktoglobulin yang sering menyebabkan alergi seperti susu sapi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Susu unta mengandung sejumlah protein dan senyawa lain yang penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah kandungan vitamin C, laktoferin, dan imunoglobulin. 

Oleh karena itu, susu unta dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan hal ini penting untuk membuat tubuh terhindar dari penyakit infeksi. 

3. Dapat membantu kondisi otak orang-orang gangguan spektrum autisme

Gangguan spektrum autisme adalah istilah umum untuk kondisi perkembangan saraf yang dapat mengganggu interaksi sosial dan menyebabkan perilaku berulang. Susu unta terbukti dapat membantu orang-orang dengan gangguan spektrum autisme berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan.

Dalam suatu studi, susu unta dikatakan dapat memperbaiki perilaku pada anak-anak dengan autisme. Setelah mereka minum susu unta dalam kurun waktu dua minggu, tampak perbaikan yang signifikan dalam gejala perilaku autisme. Hasil baik tersebut tidak terlihat pada kelompok plasebo atau kelompok anak-anak yang diberikan susu sapi.

4. Mencegah diabetes

Susu unta memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Oleh karena itu, susu unta pilihan yang baik bagi penderita diabetes maupun orang sehat. Diketahui bahwa susu unta dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus membantu menurunkan resistensi insulin.

5. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat konsumsi susu unta adalah dapat menjaga jantung Anda tetap sehat. 

Susu unta mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding susu sapi. Selain itu, susu unta memiliki kandungan lemak tak jenuh yang lebih banyak. Lemak tidak jenuh ini baik untuk mencegah penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung koroner.

6. Membantu program diet

Susu unta dapat menggantikan jenis susu lainnya, dapat dikonsumsi seperti biasa atau digunakan dalam kopi, teh, jus, makanan panggang, saus, sup, pasta, keju, dan adonan pancake.

Rasa susu unta yang Anda dapatkan mungkin tergantung dari mana Anda mendapatkannya. Susu unta Amerika dikatakan memiliki rasa yang manis, sedikit asin dan creamy, sedangkan susu unta dari Timur Tengah memiliki rasa yang berbeda.

Produk susu unta seperti keju lunak, yoghurt, dan mentega tidak tersedia secara luas karena tantangan pemrosesan yang dikaitkan dengan pembentukan susu unta. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro