Tips sehat ala Rasulullah/Ilustrasi orang berbuka puasa dengan mengonsumsi buah kurma/Freepik
Health

Simak Tips Sehat Ala Rasulullah

Redaksi
Sabtu, 9 Maret 2024 - 15:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rasulullah SAW merupakan panutan bagi umat Islam. Simak beberapa tips sehat ala Rasulullah menjelang bulan Ramadan.

Tips sehat ala rasulullah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Cara yang dilakukan dan diterapkan memiliki dampak positif bagi kesehatan manusia. Maka dari itu, Anda harus mencoba dan menerapkan tips sehat tersebut.

Dilansir dari healthfitnessrevolution.com, tips sehat ala Rasulullah:

1. Makan secukupnya

Makan sesuai porsi akan membuat tubuh Anda merasa cukup. Dalam anjuran yang tertera dalam Islam, tidak diperbolehkan makan hingga kenyang. Hal tersebut dianjurkan supaya manusia bisa . Selain itu, ketika tubuh mendapatkan banyak asupan secara berlebih, dapat menghambat banyak aktivitas dan menyebabkan penumpukan berbagai penyakit pada tubuh.


2. Makan secara perlahan

Ketika Anda memakan sesuatu, pastikan makanan tersebut dikonsumsi secara perlahan. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa merasakan kenikmatan dalam setiap suapnya, sekaligus tidak tersedak saat makan.

3. Menerapkan pola tidur dan ibadah yang tepat

Rasulullah mengajarkan kepada umat Islam untuk bisa mengelola waktu terutama dalam tidur dan ibadah. Pola tidur yang tepat dapat dilakukan dengan cara membatasi aktivitas lain yang terjadi setiap harinya.

Tidur dengan durasi waktu 8 jam dengan mengarah ke sebelah kanan. Ibadah merupakan kewajiban bagi umat Islam. Melalui hal ini, rasulullah memberikan peringatan dan pesan kepada umatnya untuk senantiasa berdoa dan beribadah kepada Allah SWT.

4. Berolahraga

Olahraga yang sering dilakukan oleh rasulullah adalah berenang, memanah, dan berkuda. Ketiga hal ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, mampu melatih seseorang untuk tetap fokus dalam menjalani sesuatu.

5. Berpuasa

Melakukan puasa sunnah senin kamis dan sunnah lainnya. Selain baik bagi kesehatan, rasulullah juga mengatakan bahwa dengan berpuasa, segala bentuk doa dan keinginan akan dikabulkan oleh Allah SWT.


6. Menjaga kesehatan gigi

Menjaga kesehatan gigi dengan bersiwak. Nabi Muhammad SAW selaku rasulullah memiliki kebiasaan bersiwak setiap harinya. Siwak memiliki banyak manfaat kesehatan untuk menghilangkan bau mulut dan mematikan bakteri yang ada pada mulut. Sehingga kesehatan gigi lebih bersih dan terjaga.


7. Minum air putih secara rutin

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya, untuk rutin minum air putih setiap harinya. Dalam 1 gelas air, rasulullah menganjurkan 3 kali tegukan yang diawali dengan perkataan bismillah. Selain itu, rasul juga mengajarkan untuk meminum air dalam kondisi duduk demi menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro