Hal yang dilarang untuk mengganti puasa Ramadan/Freepik
Health

Tips Anti Lemas Selama Bulan Puasa Ramadan

Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 - 14:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama bulan puasa, tubuh manusia mengalami penurunan karena kurangnya asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara, aktivitas yang dilakukan setiap harinya terus berjalan seperti biasa. Hal ini yang membuat tubuh Anda sering merasa lemas dan malas untuk mengerjakan sesuatu setiap harinya.

Dilansir dari english.alarabiya.net, Anda mungkin perlu menyesuaikan beberapa hal terkait aktivitas dengan waktu berpuasa, supaya kesehatan pada tubuh Anda tetap terjaga dengan baik. Untuk itu, perlu adanya pemahaman dan tips puasa yang bisa digunakan supaya tubuh Anda tidak mudah terasa lemas saat berpuasa.

Tips anti lemas selama bulan puasa yaitu dengan cara:

1. Mengonsumsi air putih secara cukup 8-10 gelas per hari

Konsumsi air putih secara cukup, dapat membantu tubuh Anda lebih segar dan meningkatkan hidrasi supaya terhindar dari dehidrasi. Namun, selama berpuasa hal yang perlu diingat adalah waktu untuk konsumsi air tersebut. Anda dapat mengonsumsi air putih saat berbuka, setelah berbuka, sebelum tidur, dan saat sahur.

Konsumsi air putih ini sangat baik bagi kesehatan tubuh dan mampu memelihara tubuh Anda, supaya terhindar dari rasa lemas dan haus di siang hari.

2. Melakukan tidur siang secukupnya 15-30 menit

Tidur siang memiliki khasiat yang cukup baik bagi orang yang berpuasa. Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah 15-30 menit per harinya. Selama 15-30 menit tersebut, Anda bisa mengisi energi dalam tubuh, dan bersiap untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

3. Hindari minuman yang memiliki kadar kafein tinggi

Minuman yang memiliki kadar kafein tinggi, hanya membuat tubuh merasa lemas di siang hari. Efek yang diberikan akan menghambat aktivitas seseorang dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

4. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat bukan berarti makanan yang terbuat dari bahan yang mahal maupun murah. Namun, makanan sehat dilihat berdasarkan khasiat dan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Saat berpuasa, makanan sehat yang baik dikonsumsi adalah makanan dengan nilai protein, lemak, dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Anda bisa konsumsi buah kurma, apel, jeruk, dan lainnya untuk menunjang kesehatan tubuh Anda saat berpuasa.

5. Hindari aktivitas yang berlebih

Saat berpuasa, tubuh manusia cenderung mengalami rasa lemas, sehingga perlu adanya batasan kegiatan yang dilakukan setiap harinya. Anda dapat memprioritaskan aktivitas tertentu yang sifatnya penting dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menghemat tenaga saat menjalani puasa. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro