7 Tips Mudik Agar Nyaman dan AmanBISNIS/Muhammad Ridwan.
Travel

7 Tips Mudik Agar Nyaman dan Aman

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 09:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mudik jadi agenda rutin ketika memasuki hari raya besar seperti Idul Fitri. Berbagai kebutuhan pun perlu disiapkan agar perjalanan mudik terasa nyaman dan aman. Memeriksa kondisi kendaraan dan memperketat keamanan rumah, misalnya.

Alangkah baiknya berbagai kebutuhan itu disiapkan sejak awal untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Apalagi perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi sehingga butuh persiapan ekstra untuk memeriksa dan memperbaiki kendaraan.

Mengingat jarak tempuh yang jauh memerlukan kondisi kendaraan yang sehat. Tak hanya itu, keamanan pada rumah perlu ditingkatkan supaya mencegah terjadinya kemalingan atau kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal.

Pastinya hal itu tidak ingin menimpa diri Anda kan?

Oleh sebab itu, berikut tips-tips agar perjalanan mudik Anda terasa nyaman dan aman.

1. Cek Kendaraan

Bagi Anda yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, sebaiknya mulai membawanya ke bengkel terpercaya agar kendaraan dalam kondisi yang prima.

Pada umumnya komponen yang menjadi perhatian adalah ban, rem, oli mesin, sistem pendingin, kondisi mesin, kondisi kelistrikan, dan permasalahan lainnya yang perlu diperbaiki. Pemeriksaan itu bertujuan agar kendaraan mampu menunjang perjalanan yang cukup jauh dan terhindar dari malfungsi pada komponen.

Dengan begitu, silaturahmi Anda ke sanak saudara atau kerabat terdekat terasa aman dan nyaman.

2. Jaga Kesehatan Tubuh

Bukan cuman kondisi kendaraan yang prima, tubuh juga memerlukan kondisi yang fit selama mudik. Anda bisa melakukan cek kesehatan ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan. Apalagi bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, di mana membutuhkan tenaga ekstra selama perjalanan. Hal yang paling penting adalah jangan memaksakan berkendara saat mengantuk dan tubuh merasa kurang sehat.

3. Buat Daftar Perlengkapan

Membuat daftar perlengkapan sangat penting supaya barang bawaan yang ingin dibawa tidak tertinggal. Mulailah dengan mencatat barang bawaan yang menurut Anda sangat penting hingga tidak terlalu penting. Selain itu, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, cobalah mencatat kebutuhan yang digunakan saat kondisi darurat. Ada baiknya mulai mencatat dan mencicil perlengkapan sejak saat ini.

4. Cabut Regulator Gas

Sebelum Anda meninggalkan rumah selama mudik, pastikan regulator gas dicabut untuk . mencegah terjadinya kebocoran gas yang menyebabkan kebakaran. Selain itu, Anda juga bisa menutup rapat ujung saluran tabung gas. Dengan begitu, rumah dalam keadaan aman dari kebocoran tabung gas.

5. Mencabut Aliran Listrik

Jangan biarkan beberapa aliran listrik masih terpasang selama perjalanan. Cabut lah beberapa aliran listrik yang sekiranya tidak terlalu penting. Hal ini meminimalisir terjadinya korsleting listrik yang mengakibatkan kebakaran.

6. Pasang CCTV

Melalui pemasangan CCTV, Anda bisa memantau kondisi rumah dari jarak jauh. Jika pun hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, CCTV dapat menjadi bukti konkrit ketika Anda melaporkan ke pihak berwenang.

7. Kunci Semua Akses Masuk Rumah

Langkah ini sangat penting Anda lakukan untuk mencegah masuknya orang tidak dikenal ke dalam rumah. Pastikan Anda mengunci pintu kamar, pintu belakang rumah, jendela, pintu masuk, hingga gerbang masuk. Bahkan jika perlu Anda menggembok beberapa ruangan atau akses masuk yang didalamnya terdapat barang berharga. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro