Tips Mencegah Edema, Atau Kelebihan Air dalam Tubuh/ Istimewa
Health

Kiat Mengatasi Edema, Atau Kelebihan Air dalam Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Maret 2024 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mengalami Edema, nama lain dari retensi air?

Konsisi ini bisa membuat Anda merasa bengkak dan tidak nyaman.

Jika dibiarkan, edema juga bisa berbahaya untuk kesehatan Anda.

Tapi jangan khawatir! Berikut 4 strategi mudah untuk membantu Anda menghindari retensi air secara permanen dan mengatasi kembung dilansir dari Timesofindia

1. Diet rendah garam

Mengurangi konsumsi garam bisa menjadi cara Anda mengurangi retensi air. Sodium, yang banyak ditemukan dalam garam, dapat menyebabkan tubuh Anda menahan kelebihan air.

Dengan memilih diet rendah garam, Anda mengurangi natrium yang dapat ditahan tubuh Anda, sehingga mengurangi kemungkinan retensi air. Jadi lain kali Anda menggunakan tempat garam, pikirkan dua kali dan pertimbangkan untuk membumbui makanan Anda dengan bumbu dan rempah-rempah!

2. Lebih banyak vitamin B6

Tahukah Anda bahwa vitamin B6 dapat membantu mengurangi retensi air? Makanan kaya vitamin B6, seperti buncis dan ikan berlemak, dapat membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh. Vitamin B6 bertindak sebagai diuretik, mendorong tubuh Anda membuang kelebihan air dan natrium. Jadi, menambahkan makanan kaya nutrisi ini ke dalam makanan Anda dapat membantu mencegah retensi air.

3. ​Cobalah tanaman dandelion

Meskipun Anda mungkin menganggap dandelion hanya sebagai rumput liar, sebenarnya tanaman ini menawarkan solusi alami untuk memerangi retensi air. Dandelion memiliki sifat diuretik, artinya dapat membantu meningkatkan produksi urin dan membuang kelebihan air dari tubuh Anda. Baik diseduh menjadi teh atau ditambahkan ke salad, menambahkan dandelion ke dalam rutinitas Anda dapat membantu mengurangi kembung dan menjaga retensi air.

4. Tetap aktif secara fisik

Aktivitas fisik tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan; itu juga dapat membantu mencegah retensi air. Saat Anda berolahraga, otot Anda berkontraksi, yang membantu merangsang aliran darah dan drainase limfatik. Hal ini, pada gilirannya, dapat mengurangi penumpukan cairan di jaringan Anda dan mengurangi kemungkinan retensi air. Jadi kenakan sepatu kets itu, pergi ke gym, atau jalan-jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro