Ilustrasi orang berbuka puasa dengan mengonsumsi buah kurma/Freepik
Kuliner

Rekomendasi Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Maret 2024 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika berbuka puasa, sebagian besar orang kerap mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Bahkan ada tagline yang selalu didengungkan orang saat puasa yakni berbukalah dengan yang manis.

Hal ini memang sesuai dengan anjuran kesehatan dari para ahli.

Dalam jurnal Nutrition.org.uk, Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick, Inggris, mengatakan bahwa hampir 14 jam tubuh seseorang yang menjalani puasa tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan.

Hal ini mengakibatkan kadar gula dalam darah menurun, sehingga menyebabkan tubuh lemas menjelang buka puasa.

Maka dari itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang manis berfungsi untuk menyeimbangkan kembali kadar insulin dalam tubuh, sehingga bisa kembali memproduksi energi.

Berikut ini rekomendasi hidangan buka puasa yang praktis dan ekonomis yang telah dirangkum oleh startup di bidang makanan dan minuman, Haus!: 

1. Buah-buahan dengan sumber gula alami

Buah-buahan dengan sumber gula alami cocok dikonsumsi saat berbuka puasa agar tubuh terhidrasi dan tenaga kembali terisi. Sebagai contoh, ada buah kurma yang kaya akan serat, protein, dan glukosa alami. Selain itu, buah khas Timur Tengah ini juga menjadi sajian yang kerap dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW ketika sedang berbuka puasa.

Tak hanya kurma, buah-buahan lain yang banyak mengandung gula alami, mineral dan serat juga baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti semangka, timun suri, pisang, anggur, melon hingga blewah. 

2. Makanan ringan

Saat berbuka puasa, usahakan agar tidak langsung menyantap makanan 'berat', agar tidak terlalu membebani kinerja sistem pencernaan tubuh. Sebaiknya, kamu memilih makanan ringan terlebih dahulu yang punya tekstur lembut dengan citarasa yang manis.

3. Makanan asin

Meski dianjurkan untuk mengonsumsi hidangan manis saat berbuka puasa, tidak ada salahnya untuk mencicipi sajian dengan cita rasa yang asin dan gurih. Opsi cemilan asin tanpa digoreng ini dipilih agar tubuh tidak dijejali lemak jenuh yang bisa memicu obesitas. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro