Tips Puasa Sehat Lambung Nyaman, Bebas Kambuh Gerd/istimewa
Health

Tips Puasa Sehat Lambung Nyaman, Bebas Kambuh Gerd

Mutiara Nabila
Rabu, 27 Maret 2024 - 13:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd) atau naiknya asam lambung merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. 

Beberapa penyebabnya antara lain dari gaya hidup yang tidak sehat, merokok, obesitas, konsumsi makanan berlemak dan pedas, konsumsi obat-obatan, dan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. 

Penyakit ini bisa menimbulkan rasa perih di dada dan perut, rasa pahit di mulut, nyeri di ulu hati, mual, dan sulit menelan. Akan sangat tidak nyaman jika gejala ini terjadi ketika sedang berpuasa. 

Dokter spesialis rehabilitasi medis dr. Agus Prasetyo mengatakan, selama Ramadan masalah lambung adalah hal yang paling banyak dikeluhkan. Oleh karena itu, dr. Agus berbagai beberapa tips agar penderita Gerd tetap nyaman saat berpuasa.

"Penderita Gerd boleh tetap berpuasa, dengan memperhatikan asupan yang tepat. Tapi kalau sudah parah bisa puasa sekuatnya. Segera berbuka kalau kambuh dan jangan dipaksakan," katanya dalam acar Bukber TikTok, Selasa (26/3/2024). 

Tips pertama untuk menghindari sakit lambung selama puasa adalah dengan makan secukupnya saat buka dan sahur. 

"Makan jangan berlebih, dan jangan kurang. Lalu usahakan makanan yang lunak dulu baru yang keras," katanya. 

Selain itu, saat berbuka agar tidak minum air yang dingin dulu, dan usahakan minum air biasa atau hangat, supaya lambungnya tidak kaget dan perih terutama yang kena gerd. 

"Lalu, khususnya penderita asam lambung, hindari makanan yang pedas, kecut atau asam, berlemak, dan mengandung gas misalnya buah nangka. Perbanyak makan makanan yang direbus atau dipanggang dan kurangi makanan berminyak," paparnya.  

Tak lupa, selama puasa agar jangan sampai dehidrasi dan tetap minum 8 gelas atau 2 liter air sehari.

"Supaya mudah, terapkan 2-4-2, yaitu minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat buka, bisa saat buka, sebelum dan setelah solat Maghrib, dan sebelum tarawih, dan dilanjutkan 2 gelas sebelum tidur. Dengan asumsi sehari minum 2 liter," jelasnya. 

Pada bulan puasa tahun ini, juga sedang ngetren "Takjil War", di mana banyak masyarakat berbondong berburu takjil sebelum jam berbuka puasa.  

dr. Agus menyebutkan makanan yang aman untuk "diburu" penderita gerd untuk buka puasa antara lain buah-buahan, kue yang lembut atau jeli. 

"Buah-buahan yang aman itu kurma, itu bagus untuk kesehatan lambung juga, kemudian jeli juga enak dan nyaman di lambung, intinya makan yang lunak-lunak dulu untuk makan pertama saat buka," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro