Ilustrasi penyakit lambung atau dikenal juga dengan GERD/Bisnis/Youtube
Health

Punya Penyakit GERD, Stop Lakukan Ini

Redaksi
Minggu, 24 September 2023 - 07:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus). Ini merupakan penyakit lambung yang umum ditemukan.

Dilansir Verywell Health, GERD dapat berdampak pada seluruh hidup Anda. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut. GERD mungkin juga mengganggu tidur Anda. 

GERD memang bisa diobati dengan obat atau operasi. Namun, Anda perlu mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan sebagai penderita GERD.

Simak cara yang harus dihindari bila memiliki penyakit gerd:

1. Makan terlalu banyak

Jangan makan terlalu banyak. Makan besar meningkatkan tekanan ke atas terhadap sfingter esofagus bagian bawah (LES). LES adalah katup antara kerongkongan dan lambung. Peningkatan tekanan terhadap LES dapat menyebabkan mulas.

2. Makan terlalu cepat

Jika makan terlalu cepat, sistem pencernaan Anda akan sulit berfungsi dengan baik. Coba makan dengan perlahan agar tidak sakit lambung.

3. Makan makanan pemicu

Beberapa makanan menyebabkan sakit lambung. Beberapa makanan dapat menyebabkan produksi asam lambung terlalu banyak. Makanan yang dapat merangsang produksi asam seperti kafein, minuman soda, makanan pedas, dan makanan asam.

4. Keluar untuk makan tanpa persiapan

Lebih sulit untuk membuat pilihan yang tepat saat makan di luar. Tentukan makanan yang ingin dimakan sebelum keluar untuk menghindari kenaikan asam.

5. Berbaring setelah makan

Saat Anda berbaring, isi perut menekan LES lebih keras. Hal ini dapat memicu refluks. Tunggu dua hingga tiga jam setelah makan untuk tidur. 

6. Memakai pakaian ketat

Pakaian yang terlalu ketat di sekitar perut bisa memicu sakit maag. Ikat pinggang yang ketat juga dapat menekan perut dan memaksa makanan menempel pada LES. Hal ini bisa membuat isi lambung menjadi refluks.

7. Merokok

Ada banyak alasan bagus untuk berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, dan sakit maag adalah salah satunya.

8. Minum alkohol

Alkohol meningkatkan jumlah asam yang diproduksi lambung. Ini juga melemaskan LES. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi bahkan berhenti mengonsumsi alkohol.

9. Terlalu stres

Stres dapat menyebabkan perilaku yang memicu sakit maag. Ketika stres, Anda mungkin tidak mengikuti rutinitas normal. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro