Es Teh/Pixabay
Health

Awas Bahaya! Sering Minum Es Teh Manis saat Buka Puasa Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal

Hesti Puji Lestari
Selasa, 2 April 2024 - 05:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Es teh manis menjadi salah satu minuman andalan yang banyak dikonsumsi saat tiba waktu berbuka puasa.

Namun tahukah Anda bahwa terlalu banyak minum es teh manis saat berbuka bisa menyebabkan masalah pada gunjal?

Dilansir dari penelitian Universitas of Utah, minum teh sebenarnya baik untuk kesehatan Anda.

Teh dapat menurunkan risiko kanker, mendorong penurunan berat badan, dan penelitian terbaru menunjukkan teh dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Namun seorang pria di Arkansas menemukan bahwa ada terlalu banyak hal baik di dalamnya. Pada bulan Mei 2014, seorang pria berusia 56 tahun tiba di Sistem Perawatan Kesehatan Veteran Central Arkansas, mengeluh kelemahan, kelelahan dan nyeri tubuh.

Dokter menemukan bahwa ginjalnya gagal berfungsi. Dia menjalani dialisis. Setelah menanyai pasien tersebut, mereka mengetahui bahwa dia meminum 16 gelas es teh berukuran 8 ons setiap hari, yaitu sekitar 1 galon.

“Es teh penuh dengan asam oksalat, yang jika dikonsumsi berlebihan, akan mengendap di ginjal dan mengganggu kerja pembuangan limbah dari darah,” kata Scott Youngquist, MD , seorang dokter darurat di Universitas Kesehatan Utah.

“Pasien ini meminum 16 gelas es teh berukuran 8 ons per hari untuk jangka waktu yang tidak diketahui. Hal ini menciptakan asam oksalat yang tidak dapat ditangani oleh ginjalnya, sehingga menyebabkan gagal ginjal.”

Teh hitam kaya akan oksalat, senyawa yang ditemukan secara alami di banyak makanan. Terlalu banyak juga bisa menyebabkan batu ginjal. Pria tersebut kemungkinan mengonsumsi 1.500 miligram senyawa tersebut setiap hari.

Sebagai perbandingan, rata-rata orang mengonsumsi antara 150 dan 500 miligram oksalat setiap hari.

Efek jika terlalu banyak minum es teh saat berbuka puasa...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro