Akses air bersih dan sanitasi merupakan bagian integral dari rumah yang aman, sehat dan layak. Akses air bersih merupakan salah satu program Habitat for Humanity./Dok. Habitat for Humanity Indonesia
Health

Ini 5 Sejarah Dunia Terjadi Pada Tanggal 3 April

Redaksi
Rabu, 3 April 2024 - 13:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap tahunnya pada tanggal 3 April terdapat beberapa momen bersejarah mulai dari perayaan nasional hingga internasional. Lalu sejarah apa sajakah yang pernah terjadi pada masa lalu? 

Pada tanggal 3 April di beberapa negara, tidak terkecuali di Indonesia memperingati dan merayakan hari bersejarah mulai dari hari mosi integral natsir, hari hewan akuatik sedunia, hari apresiasi Armenia, hari harapan nasional Amerika, dan hari air sedunia.

Sejarah penting hari ini tanggal 3 April:

1. Hari Mosi Integral Natsir

Pada tanggal 3 April tahun 1950 menjadi hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada hari ini diterimanya Mosi Integral Natsir yakni penetapan negara sebagai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika pada saat itu negara tidak menetapkan mosi integral natsir ini maka masyarakat Indonesia tidak akan memiliki NKRI dengan jargon “NKRI harga mati”.

Sebelum mosi integral ini diterima, NKRI sudah dulu ditiadakan oleh bangsa Belanda. Pada saat itu yang terbentuk adalah RIS (Republik Indonesia Serikat) yang dibagi menjadi beberapa negara bagian yakni Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, Negara Indonesia Timur, Negara Jawa Timur, Negara Pasundan, dan Negara Republik Indonesia.

Hari ini diperingati sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang untuk mendapatkan kembali NKRI. Kembalinya NKRI tentu tidak lepas dari peran Mohammad Natsir dalam memperjuangkan Mosi Integral.

Mohammad Natsir yang merupakan politikus pada saat itu memperjuangkan mosi integral dengan memberikan gagasannya kepada pemimpin fraksi di Parlemen Sementara RIS dan ke beberapa daerah. Usahanya membuahkan hasil yang baik yakni pada tanggal 3 April 1950 mosi yang diajukan diterima oleh pemerintah dan Mohammad Hatta.

2. Hari Apresiasi Armenia

Hari Apresiasi Armenia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 3 April untuk memberikan penghormatan kepada masyarakat Armenia atas perjuangannya dalam melakukan inklusi terhadap budaya dan sejarah. 

Selama berabad-abad warga Armenia hidup dengan rasa ketakutan karena negara tempat mereka tinggal dijajah oleh Ottoman dan Persia, mereka menguasai hampir seluruh wilayah di Armenia sehingga kondisi ini mengancam keberadaan orang-orang Armenia.

Pada tahun 1894 hingga 1987 banyak sekali warga Armenia yang dibunuh secara sadis di pembantaian Hamidian, korban atas pembantaian yang dilakukan Sultan Abdul Hamid II yakni mencapai 100.000 hingga 300.000 korban jiwa dan 50.000 anak yang menjadi yatim piatu.

Akibat dari kejadian tersebut perlahan warga Armenia kehilangan otonominya dan menjadi minoritas didalam negaranya sendiri. Namun, hal tersebut tidak membuat masyarakat kehilangan budayanya, mereka tetap mempertahankan budayanya maka dari itu setiap tanggal 3 April diperingati sebagai hari apresiasi Armenia.

3. Hari Harapan Nasional di Amerika

Hari Harapan Nasional Amerika selalu diperingati setiap tanggal 3 April untuk memotivasi semua orang agar bisa menyelamatkan anak-anak dan orang dewasa yang sedang mengalami pelecehan dan memiliki trauma.

Banyak individu yang berjuang untuk bisa mendapatkan dan menjalani kehidupan yang Bahagia akan tetapi pada faktanya sebagian individu kesulitan dalam mencapainya yang disebabkan karena faktor pengalaman yang tidak mengenakkan seperti pernah mendapatkan pelecehan, penelantaran, perampasan dan penganiayaan.

Melihat kondisi yang terjadi maka tujuan diperingatinya Hari Harapan Nasional yakni berusaha untuk mengakhiri segala tindakan pelecehan dan penelantaran anak sehingga dapat memberikan harapan kepada mereka yang putus asa akibat kejadian yang menimpanya.

4. Hari Kesadaran Air Sedunia

Hari Kesadaran Air Sedunia diperingati setiap tanggal 3 April setiap tahunnya yakni dengan tujuan agar semua orang dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya air bersih bagi keberlanjutan kehidupan.

Perayaan Hari Air Sedunia pertama kali diusulkan pada saat konferensi PBB mengenai Environment and Development (UNCED) kemudian pada tahun 1992 akhirnya menetapkan hari air sedunia dengan melihat fakta bahwa telah terjadinya krisis air global yang semakin meningkat.

Tema yang diusung dalam perayaan setiap tahunnya disesuaikan dengan permasalahan sumber daya air yang dianggap penting dan memerlukan perhatian internasional. Pada tahun 2024 mengangkat tema "Leveraging Water for Peace” yakni dengan tujuan untuk menekankan peran air dalam sistem sosial dan pentingnya mempunyai tata kelola yang benar dalam pemanfaatan sumber daya air secara berkelanjutan.

5. Hari Hewan Akuatik Sedunia

Hari Hewan Akuatik Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 3 April dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melindungi ekosistem hewan air. Hari hewan akuatik sedunia tidak hanya berfokus pada ikan saja akan tetapi juga hewan lainnya seperti burung laut, bintang laut, karang.

Pertama kali ide perayaan ini dicetuskan dari Animal Law Clinic di Lewis & Clark Law School di Portland, Oregon, AS dengan melihat banyak sekali dampak buruk terhadap ekosistem perairan akibat aktivitas manusia untuk itu adapun tindakan yang diberlakukan yakni memberikan bantuan hukum kepada setiap hewan serta pemiliknya apabila merusak ekosistem air. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro