Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat Idulfitri, Rabu (10/4/2024). (Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)
Travel

JELAJAH LEBARAN 2024: Pantai Parangtritis Jadi Destinasi Wisata Favorit saat Idulfitri

Rizqi Rajendra
Rabu, 10 April 2024 - 17:19
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Pantai Parangtritis yang terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi wisata favorit pada saat Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Debur ombak Pantai Parangtritis yang tenang, semilir angin, pasir putih, dan sinar matahari yang tidak terlalu terik seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan pantai selatan Yogyakarta itu.

Pantauan Bisnis di lokasi, pada Rabu (10/4/2024) sekitar pukul 13.00 WIB atau beberapa jam setelah salat Idulfitri, tampak para wisatawan mulai ramai mendatangi Pantai Parangtritis. 

Mereka umumnya datang bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Bahkan, tak sedikit di antara wisatawan yang berkunjung masih mengenakan pakaian kaftan khas Idulfitri.

Para pengunjung pun tampak asyik berswafoto ria, maupun menaiki berbagai wahana yang ada di Pantai Parangtritis seperti All Terrain Vehicle (ATV), Jeep wisata, hingga andong.

Untuk tarif masuk Pantai Parangtritis dibanderol seharga Rp10.000, namun untuk tarif sewa ATV hingga andong berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000.

Wisatawan di Pantai Parangtritis pun datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan beberapa di antaranya datang dari luar Pulau Jawa. Misalnya, Chandra Sinaga (58), wisatawan asal Medan, Sumatra Utara itu mengaku sengaja datang ke Yogyakarta untuk menikmati keindahan alamnya, terutama Pantai Parangtritis.

"Kami sekeluarga dari Medan, kurang lebih berlibur seminggu di Jogja, karena liburan panjang jadi kami mau cari suasana baru, terutama pantainya," ujarnya saat ditemui Bisnis di lokasi.

Wisata Pantai Parangtritis
Wisata Pantai Parangtritis

Di sepanjang Pantai Parangtritis pun tersedia sajian kuliner yang menjual beragam makanan seperti ikan bakar, ayam bakar, hingga es kelapa muda. Fasilitas di Pantai Parangtritis pun cukup lengkap seperti toilet hingga musala.

Sebagai informasi, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 135.000 orang ke destinasi wisata daerah ini selama libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 H atau selama periode 8 hingga 15 April 2024.

Target kunjungan wisata tersebut adalah akumulasi yang berkunjung ke semua destinasi wisata Bantul mulai dari objek pantai di sepanjang pantai selatan dan sejumlah objek wisata alam yang dikelola pemerintah daerah.

Objek wisata kawasan Pantai Parangtritis diprediksi masih menjadi destinasi andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul, kemudian objek wisata di Desa Wisata Mangunan Dlingo.

Oleh sebab itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul bersama dengan stakeholder pariwisata di antaranya pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata, dan usaha jasa pariwisata berupaya untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang akan menikmati Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro