Proyek renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan kolaborasi dari tiga kementerian, yakni Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, serta Kemensesneg. JIBI/Bisnis-Akbar Evandio
Travel

Rekomendasi Tempat Wisata Saat Libur Sekolah Bersama Anak

Redaksi
Selasa, 16 April 2024 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan anak sekolah segera tiba jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengajak mereka berlibur ketempat wisata yang menarik dan ciptakan pengalaman berbeda dari liburan yang pernah dijalani.

Gunakan waktu liburan sekolah yang panjang dengan mengunjungi tempat wisata yang berbeda, wajib bagi para orang tua untuk memperhatikan pemilihan tempat wisata yang baik agar anak tidak hanya mendapatkan kesenangan akan tetapi menambahkan edukasi atau pembelajaran dalam liburannya.

Rekomendasi tempat wisata saat libur sekolah bersama anak:

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Libur Lebaran anak sekolah yang panjang dapat dimanfaat dengan mengajak anak ke tempat wisata, bagi Anda yang tidak mudik Lebaran dapat mengunjungi salah satu tempat wisata didaerah Jakarta yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Anda bisa mengunjungi TMII bersama anak tidak hanya akan menciptakan kegembiraan saja tetapi juga dapat menambahkan pengetahuan kepada anak mengenai budaya di Indonesia melalui fasilitas yang disediakan yakni anjungan beberapa daerah.

Adapun fasilitas bermain lainnya yang ditawarkan jika mengunjungi TMII antara lain seperti terdapat Istana Anak-anak Indonesia (IAAI), dunia air tawar, keong mas, skyworld, pesawat capung, kereta api kelinci, museum fauna, taman burung dan monorail.

Lokasi: Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Jam operasional: Senin - Minggu (06.00 - 20.00)
Harga tiket
Pintu masuk: Rp25.000
Motor: Rp15.000
Mobil: Rp35.000
Sepeda: Rp10.000
Bus: Rp60.000

2. Kota Tua Jakarta

Kota Tua menjadi kawasan wisata yang sangat populer di Jakarta hal tersebut disebabkan karena tempat ini tidak hanya menawarkan tempat untuk berlibur saja akan tetapi juga terdapat sejarah yang sangat menarik untuk diketahui disetiap tempatnya.

Dikawasan Kota Tua Jakarta terdapat beberapa museum yakni seperti museum wayang, museum fatahillah, museum seni rupa dan keramik, dan museum bank indonesia. Manfaatkan liburan Lebaran anak dengan mengunjungi beberapa museum yang berada di Kota Tua ini dapat menciptakan pengalaman yang berbeda yakni mendapatkan liburan yang berkualitas dengan menambahkan wawasan baru kepada mereka.

Tidak hanya melihat koleksi didalam museum saja, anak-anak juga dapat mencoba membuat gerabah yang akan dipandu langsung oleh para ahli di museum seni rupa dan keramik, kegiatan ini akan menambah keterampilan untuk anak.

Lokasi: Jl. Kalibesar Timur No.30 Kel. Pinangsia

Jam operasional museum: Senin - Minggu (09.00 - 15.00)
Tiket Masuk:
Museum Fatahilah
Senin - Jumat: Rp10.000
Sabtu - Minggu: Rp15.000
Museum Wayang
Senin - Jumat: Rp10.000
Sabtu - Minggu: Rp15.000
Museum Seni Rupa dan Keramik
Senin - Jumat: Rp10.000
Sabtu - Minggu: Rp15.000
Pembuatan keramik: Rp50.000 - Rp80.000
Museum Bank Indonesia: Rp5.000

3. Taman Safari Indonesia

Sebagian anak sangat menyukai hewan untuk itu mengunjungi tempat wisata yang dapat memperlihatkan hewan secara langsung merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memberikan kesenangan pada anak.

Taman Safari Indonesia merupakan salah satu tempat wisata hewan yang dapat dikunjungi bersama anak ketika libur Lebaran, disini anak tidak hanya berlibur saja akan tetapi dapat menambahkan wawasan lebih luas mengenai jenis hewan beserta habitatnya dan juga dapat memberikan makan kepada hewan secara langsung.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini dapat berkeliling menggunakan mobil pribadi. Namun jangan khawatir jika Anda datang memakai sepeda motor dapat menggunakan fasilitas bus yang disediakan pihak Taman Safari Indonesia untuk berkeliling disana.

Lokasi: Jl. Kapten Harum Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jam operasional: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Tiket masuk: Rp200.000 - Rp245.000

4. Dufan Ancol

Dufan sudah menjadi salah satu tempat rekreasi yang sangat populer di Jakarta, memanfaatkan waktu liburan Lebaran anak dengan mengajaknya ke dufan merupakan pilihan yang tepat.

Dufan menawarkan berbagai jenis permainan yang dapat dicoba mulai dari permainan yang dapat menambah wawasan hingga menguji adrenalin sehingga dapat menciptakan keberanian dalam diri anak. Mengunjungi dufan akan menciptakan pengalaman berbeda yang tidak terlupakan untuk anak- anak.

Berikut wahana permainan yang ada di Dufan
1. Rumah miring
2. Istana boneka
3. Niagara-gara
4. Komidi putar
5. Halilintar
6. Rumah misteri
7. Baku Toki
8. Arung Jeram
9. Kicir-kicir
10. Hysteria
11. Pontang-pontang
12. Bianglala
13. Tornado
14. Ice age
15. Playground

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara

Jam operasional:
Senin - Jumat: 10.00 - 18.00
Sabtu - Minggu: 10.00 - 20.00
Tiket masuk: Rp285.000 - Rp325.000

5. Hutan Kota GBK

Aktivitas monoton yang dijalani setiap hari terkadang membuat jenuh anak dan orang tua untuk itu gunakanlah kesempatan libur Lebaran anak sekolah ini dengan memilih tempat wisata yang memiliki suasana yang berbeda dari biasanya, mengunjungi Hutan Kota GBK dapat menjadi pilihan yang tepat bersama anak.

Orang tua dan anak dapat melakukan piknik bersama didalam Hutan Kota GBK, piknik dengan disajikan pemandangan hutan hijau beserta gedung tinggi khas Jakarta akan menciptakan pengalaman yang berbeda dan tidak akan dilupakan anak.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora Senayan, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat (Pintu Tujuh Senayan)

Jam operasional:
Shift pertama
06.00 - 10.00
Shift kedua
15.00 - 18.00

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro