Pengunjung mencari informasi tentang produk kecantikan di Margo City, Depok, Jawa Barat. Bisnis/Nurul Hidayat
Health

Simak Kandungan Bahan Aktif Skincare dan Tips Memilih Sesuai Tipe Kulit

Redaksi
Sabtu, 20 April 2024 - 13:11
Bagikan

6. Retinol

Bagi para pemakai skincare sejatinya pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu bahan aktif retinol karena bahan ini sangat populer beberapa tahun belakang karena banyaknya manfaat yang diberikan melalui bahan aktif ini. 

Retinol merupakan bahan aktif yang mengandung vitamin A, menggunakan produk skincare yang mengandung retinol dapat membantu dalam mencegah penuaan dini dengan cara kerja yakni menyamarkan serta mengurangi munculnya kerutan halus sehingga kulit wajah jauh lebih kencang dan kenyal.

Adapun kandungan lainnya yang terdapat dalam retinol yakni memiliki sifat antioksidan yang cukup tinggi, sifat inilah yang dapat melindungi membran sel dari segala kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. 

7. Niacinamide

Banyak sekali masalah wajah yang bisa terjadi salah satunya yakni peradangan kulit, biasanya faktor yang menjadi penyebab dari peradangan ini yakni karena polusi udara, stres, pola makan yang tidak sehat dan kurang tidur untuk itu agar terhindar dari segala macam peradangan dibutuhkannya perawatan dari luar menggunakan bahan kimia aktif seperti niacinamide.

Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif yang terdapat dibeberapa produk skincare, bahan ini dapat membantu dalam menciptakan kulit wajah yang sehat tanpa adanya masalah melalui kandungan yang terdapat dalam niacinamide antara lain yakni seperti vitamin B3, antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi.

Beberapa kandungan tersebut dapat membantu dalam mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori, dan mengatasi masalah seperti benjolan, ruam, dan gatal pada wajah. 

8. Peptida 

Peptida menjadi salah satu bahan aktif yang dapat membantu dalam mengurangi kerutan pada wajah dengan cara meningkatkan produksi jumlah kolagen sehingga menjadikan produk skincare yang menggunakan bahan ini cukup dicari banyak konsumen.

Dilansir dari health.com, sebuah penelitian pada International Journal of Molecular Sciences 2020 menunjukkan orang dengan usia 40 tahun yang menggunakan produk peptida mengalami pengurangan penuaan yang dilihat dari kerutan atau garis pada wajahnya. 

Menggunakan skincare yang mengandung peptida juga dapat membantu dalam mengurangi dan mengobati jerawat melalui sifat antimikroba yang dimilikinya, tidak hanya itu saja peptida juga bisa menyembuhkan beberapa jenis luka yang dialami kulit wajah.

9. Ceramide

Ceramide merupakan bahan aktif pada skincare yang memiliki kandungan asam lemak yang disebut dengan lipid, kandungan inilah yang membantu dalam menciptakan serta memberikan dukungan perlindungan ekstra pada kulit. 

Menggunakan skincare yang memiliki kandungan ceramide didalamnya dapat membantu menghasilkan kulit dengan tingkat kelembaban yang sempurna dengan cara memperbaiki sel-sel kulit yang kering dan rusak.

Tidak hanya itu saja manfaat yang diberikan, adapun manfaat yang lainnya yakni seperti dapat mengurangi kerutan pada kulit dan mencegah timbulnya jerawat sehingga kulit tampak terlihat jauh lebih sehat.

 Tips memilih jenis produk skincare dengan bahan aktif sesuai dengan kulit wajah 

1. Kulit Normal dan Berminyak: AHA, Niacinamide dan Retinol.

2. Kulit Kering: Asam Hyaluronic, Vitamin E dan Ceramides.

3. Penuaan: Peptida Lupin, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E.

4. Masalah Pigmentasi: Asam Hyaluronic, Vitamin B3 (Niacinamide) dan Vitamin C.

5. Kulit Iritasi: Vitamin A, Ceramides, Vitamin B3 (Niacinamide).

 (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro