Tahoe Lake menjadi danau paling bersih/Nevada Travel
Travel

Sejarah Hari Ini, Hari Kepedulian Danau, Cek 5 Danau Paling Bersih di Dunia

Redaksi
Senin, 6 Mei 2024 - 10:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tepat pada tanggal 6 Mei, diperingati sebagai Hari Kepedulian danau. Hari tersebut dirayakan untuk mewujudkan danau yang bersih dan aman bagi lingkungan.

Danau merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia. Peran dan kegunaannya menjadi salah satu sumber perairan bagi lingkungan sekitar.

Dilansir dari nationaltoday.com, Senin (6/5/2024) Hari Kepedulian Danau bermula pada tahun 1950, dimana Amerika dan Kanada menemukan banyak pantai yang terpapar polusi. Hadirnya satwa-satwa liar di sekitar danau, menunjukkan ancaman bagi kebersihan sekitar yang mulai terpapar oleh zat-zat beracun.

Tahun 1970,  Amerika Serikat dan Kanada bekerja sama untuk melakukan penindakan secara tepat terkait permasalahan kebersihan danau. Kedua negara tersebut resmi membuat Undang-Undang Kualitas Danau Besar, sebagai salah satu tindakan melindungi dan melestarikan danau-danau yang ada. Melalui hal tersebut, danau-danau besar mendapatkan kepedulian dari banyak masyarakat hingga pemerintah setempat. 

Secara resmi Hari Kepedulian Danau ditetapkan pada 06 Mei 2014, dan menjadi gerakan kebersihan yang patut dipatuhi oleh banyak orang. Mengingat hal tersebut, lantas danau apa saja yang dikenal dengan kebersihannya? Dilansir dari lakescientist.com, berikut 5 danau paling bersih di dunia:

1. Tahoe Lake (Danau Tahoe)

Tahoe Lake merupakan danau air tawar yang berada di kawasan Amerika Utara. Danau ini sering dijadikan sebagai objek wisata khas bagi masyarakat sekitar.

Dipenuhi dengan pemandangan menarik di lokasi pegunungan Sierra Nevada, menjadikan danau tersebut sebagai spot foto indah bagi para wisatawan. Anda dapat melihat pegunungan yang menawan dan mengabadikan momen bahagia di area danau tersebut.

2. Blue Lake (Danau Biru)

Blue Lake berada pada wilayah Pulau Selatan Selandia Baru. Danau tersebut berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Tempat tersebut dikatakan sebagai danau paling jernih di dunia. Anda akan dibuat takjub dengan kejernihan air yang tidak dapat ditemukan pada danau lainnya. 


3. Torch Lake (Danau Obor)

Torch Lake merupakan danau terpanjang di Michigan. Tempat tersebut memiliki ciri khas warna biru kehijauan yang unik seperti perairan Karibia. Danau ini mampu memperhatikan kondisi keadaan dasar danau yang mengandung banyak tanah liat.

Jika Anda ingin melihat matahari terbit dan tenggelam, tempat tersebut cocok dijadikan sebagai opsi yang tepat untuk melihat pemandangan tersebut.


4. Crater Lake (Danau Kawah)

Crater Lake merupakan danau yang terbentuk dari runtuhan gunung berapi. Tempat tersebut menjadi salah satu danau yang paling terkenal di Amerika Serikat. Terletak pada kawasan Taman Nasional Danau Kawah Oregon, membuat banyak wisatawan tertarik untuk hadir dan melihat keindahan air yang jernih.


5. McKenzie Lake (Danau McKenzie)

McKenzie Lake merupakan sebuah danau bertengger pada wilayah Pulau Fraser, Queensland, Australia. Danau tersebut merupakan salah satu tempat yang tidak dapat dihuni oleh banyak spesies mana pun. Kualitas air yang jernih dan dikelilingi oleh  pasir putih silika, membuat banyak wisatawan beramai-ramai mengunjungi danau tersebut. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro