Pulau Buton
Travel

Fakta-Fakta Menarik di Balik Keindahan Pulau Buton

Redaksi
Selasa, 7 Mei 2024 - 19:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pulau Buton merupakan salah satu tempat dengan memiliki keindahan alam yang memukau. Pulau tersebut menjadi salah satu pulau terbaik yang dimiliki oleh Indonesia, dan memiliki keunikan beragam.

Berlokasi pada Provinsi Sulawesi Tenggara, membuat nama Kota Baubau ramai dikenal oleh mata dunia. Pulau Buton menyimpan banyak cerita sejarah terkait cakupan wilayah yang dimiliki Indonesia.

Tempat tersebut tidak hanya menyajikan keindahan alam saja, melainkan menyimpan banyak fakta menarik yang harus diketahui oleh banyak orang. Sebelum Anda pergi ke Pulau Buton, pastikan pahami beberapa fakta menarik yang terdapat di dalamnya.

Simak fakta-fakta menarik dari keindahan Pulau Buton:

1. Dikenal sebagai paru-paru dunia

Pulau Buton dipenuhi dengan tanaman hijau yang baik bagi keseimbangan lingkungan sekitar. Kondisi tersebut berdampak pada peningkatan kadar oksigen dan menjadi lokasi paru-paru dunia. Pulau tersebut memiliki keragaman hayati berupa Bioregion Wallacea, dan beberapa hewan endemik yang tidak dapat ditemukan pada wilayah lainnya.

2. Memiliki benteng terluas sedunia

Pulau Buton memiliki benteng yang dibangun oleh masyarakat sebagai pertahanan dari Kesultanan Buton. Benteng tersebut bernama Benteng Keraton Buton, yang memiliki luas wilayah sekitar 23.375 hektar.

Wilayah tersebut diisi oleh beberapa perkampungan warga setempat. Benteng Keraton Buton berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, sebagai benteng terluas di dunia.

3. Memiliki gua di bawah air

Pulau Buton memiliki keragaman wisata yang menarik minat wisatawan, salah satunya adalah Gua Loba-Loba. Gua ini berada di bawah air dan dipenuhi dengan biota laut yang beragam. Jika Anda berhasil menyelam ke gua tersebut, disambut oleh kehadiran lobster, karang gorgonia, dan lainnya.

4. Didominasi oleh bebatuan

Pulau Buton dipenuhi dengan bebatuan yang melintasi diseluruh wilayah. Bebatuan tersebut sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu keindahan alam yang dimiliki wilayah tersebut. Banyaknya lokasi yang didominasi oleh bebatuan, membuat wilayah pulau tersebut memiliki banyak gua, baik di daratan maupun di dalam laut.

5. Memiliki bukit yang terlihat seperti lukisan

Bukit Lamando, merupakan bukit yang bentuknya terlihat seperti lukisan. Dipenuhi dengan bebatuan dan pohon yang lebat, membuat bukit tersebut terlihat seperti lukisan yang nyata. Pada tahun 2020, Bukit Lamando berhasil masuk dalam nominasi Pesona Indonesia, yang memperlihatkan segala sisi keindahan alam dan keragaman wisata di sekitar. 

6. Memiliki satu nama kampung yang unik

Pulau Buton tidak hanya memiliki destinasi wisata alam saja. Wilayah tersebut memiliki satu nama kampung yang terdengar unik yaitu “Kampung Korea”. Kampung tersebut berada di daerah Karya Baru, dan dipenuhi dengan nama jalan berdasarkan tulisan Hangeul khas Korea Selatan.

7. Resmi bergabung dengan Indonesia pada tahun 1951

Sejarah membuktikan bahwa akhir tahun 1950, wilayah di Indonesia terbagi menjadi 3 yaitu Belanda (Irian Barat), Indonesia (NIT dan RIS), dan Kesultanan Buton.

Pada tahun tersebut, Buton masih menjadi negara sendiri dan tidak memiliki sejarah bekas jajahan Belanda. 15 Januari 1951 menjadi tahun bergabungnya Kesultanan Buton di Indonesia, yang terdiri dari dua wilayah yaitu Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro