Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol, Butuh Waktu Hanya 1 Bulan/Istimewa
Health

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol, Butuh Waktu Hanya 1 Bulan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 14 Mei 2024 - 16:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan Anda dan bisa memicu beragam penyakit.

Menjaga kadar kolesterol sangatlah penting karena kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah Anda yang dapat menumpuk di dinding arteri, sehingga menyulitkan darah mengalir.

Seiring waktu, penumpukan ini dapat menyebabkan penyumbatan dan, pada akhirnya, serangan jantung atau stroke.

Dengan menjaga kadar kolesterol Anda melalui pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan, jika perlu, pengobatan, Anda dapat membantu melindungi jantung dan menjaga tubuh Anda tetap berjalan lancar.

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol secara alami, melakukan rutinitas pagi tertentu ke dalam rutinitas harian Anda akan membantu.

Berikut adalah 9 kebiasaan di pagi hari yang terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hanya dalam sebulan.

1. Mulailah dengan sarapan sehat

Memulai hari Anda dengan sarapan bergizi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang kaya serat larut, seperti oatmeal dengan topping buah segar atau roti gandum utuh dengan brokoli.

Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, mengonsumsi hanya 5 hingga 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 5 persen.

2. Minum segelas jus jeruk

Segelas jus jeruk segar di pagi hari juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jeruk kaya akan flavonoid, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum 750 ml jus jeruk setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan.

3. ​Jalan pagi

Olahraga pagi dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Berjalan-jalanlah sebentar di sekitar lingkungan Anda atau jogging di taman.

Usahakan untuk melakukan setidaknya 30 menit olahraga intensitas sedang hampir setiap hari dalam seminggu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Cardiology, olahraga aerobik secara teratur dapat meningkatkan kolesterol HDL hingga 5 persen.

4. Nikmati secangkir teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin, yang terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL. Mulailah pagi Anda dengan secangkir teh hijau, bukan kopi biasa.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, minum teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

5. ​Tambahkan biji rami ke sarapan Anda

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 dan serat, yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Taburkan biji rami bubuk pada sereal Anda di pagi hari.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, mengonsumsi 30 gram biji rami bubuk setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan.

6. Meditasi

Meditasi pagi hari dapat membantu menurunkan tingkat stres yang pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Luangkan waktu 10 menit untuk duduk dengan tenang dan fokus pada napas Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine, berlatih meditasi mindfulness dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

7. Makan Almond

Almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Nikmati segenggam almond sebagai camilan pagi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menambahkan almond ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

8. ​Masak dengan minyak zaitun

Menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak sayur dalam masakan pagi Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Circulation, pola makan kaya minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL.

9. Makan kenari

Menambahkan kenari ke dalam rutinitas pagi Anda juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menambahkan kenari ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro