Ilustrasi fase folikuler saat menstruasi. Penting diketahui bagi wanita yang sedang program hamil/Freepik
Health

Pentingnya Mengetahui Masa Subur Sebelum Program Hamil

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 22 Mei 2024 - 17:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehamilan berkaitan dengan kesuburan calon ibu atau ayah.

Semakin subur pasangan suami istri, maka makin mudah pula mereka mendapatkan keturunan. Tapi, jika salah satu dari pasangan memiliki masalah kesuburan, maka biasanya mereka menggunakan cara program hamil IVF.

Karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan momongan sangat penting untuk mengetahui masa kesuburan. 

Dilansir dari laman bocah Indonesia, mengetahui perkiraan masa subur perempuan memiliki makna penting, karena dapat membantu usaha anda dalam memiliki buah hati. Melakukan hubungan suami dan istri pada saat masa subur akan membantu proses pembuahan sperma dan sel telur. 

Selain itu, mengetahui kapan ovulasi terjadi adalah hal penting, sebab pada saat itulah sel telur dilepaskan dari ovarium dan harus segera dibuahi dalam waktu 12–24 jam.

Dengan kalkulator masa subur wanita ini, Anda bisa mengetahui perkiraan kapan ovulasi terjadi. Pertemuan antara sel telur dan sperma di waktu yang tepat dapat berpeluang besar untuk menghasilkan embrio.

Untuk menghitung masa subur, Anda bisa menggunakan kalkulator masa subur wanita. Caranya Anda cukup memasukan tanggal hari pertama menstruasi dan lama siklus haid rata-rata yang Anda alami, biasanya 28 hari. Hari pertama haid terakhir adalah hari pertama Anda mendapatkan haid di bulan sebelumnya.

Sedangkan cara menghitung siklus menstruasi dapat dilakukan dengan cara mencatat hari pertama menstruasi Anda setiap bulan. Kemudian hitung jarak antara hari pertama menstruasi saat ini, dengan hari pertama menstruasi di bulan berikutnya.

Contohnya apabila bulan lalu hari pertama haid adalah tanggal 27 Mei, lalu bulan ini hari pertama haid Anda adalah tanggal 23 Juni, maka lama siklus menstruasi Anda adalah 28 hari.

Penting bagi Anda untuk rutin memantau siklus menstruasi. Siklus menstruasi normaladalah 21 – 35 hari. Diluar jangka waktu tersebut maka lebih baik konsultasikan kepada dokter. Bila ada perubahan dalam siklus, seperti terlambat menstruasi, pendarahan berat atau nyeri yang berlebihan, bisa menjadi tanda juga untuk memeriksakan kondisi kesuburan Anda.

Chief Executive Officer Bocah Indonesia, dr. Pandji Sadar, mengatakan Bocah Indonesia ingin mengajak masyarakat untuk peduli dengan masalah kesuburan yang dapat menyebabkan pasangan suami istri sulit mendapatkan kehamilan.

Dia menegaskan tidak sedikit masalah fertilitas menyebabkan pasangan suami istri perlu menjalani program hamil, baik secara alami, inseminasi, maupun program bayi tabung.

"Karena itu kami menggelar acara edukasi bagaimana mnecapai keberhasilan dalam program hamil. Rangkaian kegiatan acara ini berisi edukasi penting bagi mereka yang berencana dan perlu melakukan program bayi tabung. selaras dengan tema yang diangkat pada HUT ke-5 Bocah Indonesia ," ujarnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro