Kunyit bermanfaat bagi kesehatan/Healthline.com
Health

10 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Penderita Pneumonia

Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan di sekitar kantung udara paru-paru. Penyakit tersebut banyak diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa, salah satunya terpapar polusi, asap rokok, dan kondisi lingkungan yang kotor.

Pneumonia menyebabkan kantung udara berupa alveolus, berisi cairan nanah yang disebabkan oleh penyakit batuk, pilek, dan demam. Cairan nanah tersebut dapat berkembang oleh adanya paparan infeksi virus dan bakteri yang berhasil masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari timesofindia dan firstpost.com, Sabtu (25/5/2025), penyakit tersebut tidak boleh dibiarkan secara terus menerus, karena berdampak langsung terhadap masalah pernapasan bagi manusia.

Jika sudah terdampak, Anda harus melakukan pengobatan dan mengonsumsi makanan yang cocok dikonsumsi bagi penderita pneumonia. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat proses pengobatan, dan mengurangi peradangan yang menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Inilah 10 makanan yang cocok dikonsumsi penderita pneumonia:

1. Madu

Madu memiliki kandungan yang baik untuk segala jenis peradangan maupun penyembuhan penyakit. Kandungan antibakteri dan antimikroba pada madu, mampu mengatasi batuk dan pilek yang merupakan gejala awal dari penyakit pneumonia.

2. Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai makanan yang mengandung probiotik. Probiotik mampu menghasilkan bakteri baik pada usus, untuk menghambat pertumbuhan patogen penyebab dari penyakit pneumonia.

makanan untuk mencegah pneumonia
makanan untuk mencegah pneumonia

3. Kunyit

Kunyit berperan untuk menghilangkan lendir dan katarak dari saluran bronkial yang menyebabkan proses saluran pernapasan terjadi secara mudah. Kunyit juga mengandung sifat anti-inflamasi yang baik untuk mengurangi nyeri pada bagian dada seseorang.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin, yang berperan sebagai antibakteri dan antiradang bagi tubuh. Senyawa tersebut mampu mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab munculnya cairan pada paru-paru.

5. Makanan kaya vitamin C

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya, mampu menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin, dampak yang dihasilkan sangat baik untuk meningkatkan pemulihan dari berbagai penyakit, salah satunya pneumonia. Anda dapat mengonsumsi vitamin C dalam buah kiwi, jeruk, stroberi, jambu, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro