Pekerja melakukan proses pengolahan kedelai menjadi tempe/JIBI-Nurul Hidayat
Kuliner

Tempe Jadi Makanan Mewah di Inggris, Ini 5 Restoran yang Menyajikan

Redaksi
Senin, 27 Mei 2024 - 17:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tempe yang merupakan makanan asal Indonesia ini, beberapa tahun terakhir sangat populer di Inggris akibat berkembangnya tren vegetarian di negara tersebut.

Dilansir dari futuremarketinsights.com dan vegansociety.com, Senin (27/5/2024) menurut studi FMI tempe menjadi makanan fermentasi yang masuk dalam kategori makanan fungsional yang dapat memenuhi minat konsumen terhadap gaya hidup dan pola makan sehat. Karena itu, permintaan tempe sangat tinggi dibeberapa negara maju.

Namun, saat ini masyarakat Inggris masih kesulitan mencari produk tempe, karena penjualannya masih terbatas pada supermarket dan restoran saja. Kondisi tersebut disebabkan akibat sulitnya mendapatkan suhu stabil yang dibutuhkan untuk fermentasi pembuatan tempe.

Akhirnya, makanan nabati asal Indonesia ini, menjadi hidangan cukup mewah yang hanya bisa dinikmati sesekali saja di Inggris.

Berikut Restoran yang Menyediakan Tempe

1. The Tempeh Man

The Tempeh Man menjadi salah satu restoran yang menyediakan berbagai hidangan vegetarian, khususnya tempe. Dilansir dari thetempehman.com, restoran ini telah beroperasi sejak tahun 2013 di Leather Lane Market London, pernah tutup pada pertengahan 2020 akibat pandemi Covid-19. 

Namun, saat ini restoran tersebut telah beroperasi kembali dengan menyajikan menu yang lebih inovatif seperti lodeh tempe, rendang tempe, bakso tempe, sate tempe, pie tempe, dan kari tempe.

2. Thrive

Cafe Thrive yang terletak di Inggris ini cukup terkenal dengan berbagai hidangan vegetariannya, mulai dari makanan berat hingga makanan penutup yang berbahan dasar nabati. Bagi para pecinta tempe, cafe ini menjual hidangan bagel tempe yang beragam.

Selain itu, cafe Thrive juga menyediakan tempat yang cukup luas dengan nuansa retro klasik untuk para konsumen yang ingin menikmati hidangan disana.


3. Essential Vegan @ Ten to One Bar

Essential Vegan @ Ten to One Bar menjadi restoran yang menyajikan makanan khas negara Brazil dengan berbahan dasar vegan 100%. Restoran ini menjanjikan pengalaman makan yang berbeda untuk para konsumennya, melalui menu jajanan kaki lima yang ditawarkan.

Bagi para pecinta hidangan tempe, restoran ini menawarkan hidangan nugget tempe yang biasanya hanya terbuat dari daging ayam.

4. Vegan India

Vegan India yang berada di Inggris ini, cocok untuk para vegetarian yang juga menyukai makanan khas dari India. Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat berbahan dasar nabati seperti tempe kari. 

Selain itu, restoran ini juga memiliki nuansa mewah seperti fine dining dengan perpaduan warna ruangan yang klasik.


5. Veggie Jimmy

Veggie Jimmy menjadi restoran terakhir yang memiliki hidangan berbahan dasar vegan seperti tempe. Di restoran ini, tempe diolah menjadi hidangan yang berbeda dan sulit ditemukan di restoran lainnya seperti cajun tempe, samosa tempe, dan burger tempe. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro