Keriput wajah/copiisimamici
Health

10  Makanan Untuk Mencegah Keriput Pada Usia 30-an

Redaksi
Rabu, 29 Mei 2024 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki kulit yang sehat, merupakan idaman semua manusia baik laki-laki maupun perempuan. Memasuki usia 30-an, beberapa orang memiliki fokus yang tepat untuk mengatasi tanda penuaan dini, salah satunya kerutan di wajah.

Kerutan merupakan kondisi penuaan pada secara kompleks, yang mempengaruhi unsur intrinsik dan ekstrinsik pada kulit. Kualitas kesehatan kulit akan terpancar, jika orang tersebut terbiasa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral dalam tubuh.

Jika Anda ingin memiliki kulit sehat, terpancar, dan tidak adanya kerutan, maka yang harus dilakukan adalah membiasakan konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Namun, semua hal tersebut harus dibarengi dengan olahraga teratur dan pola hidup yang sehat. 

Dilansir dari pharmeasy.in dan healthline.com, Rabu (29/5/2024) untuk mencegah penuaan dini, Anda dapat memanfaatkan makanan yang ada di lingkungan sekitar, seperti buah-buahan, sayur, dan lainnya.

Berikut 10 makanan untuk mencegah kerutan pada usia 30-an:

1. Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin A, C, E,  antioksidan, dan magnesium yang baik bagi kesehatan kulit. Seluruh kandungan tersebut mampu membuat kulit sehat, membantu produksi kolagen supaya kulit tetap kencang dan halus. 

2. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan antioksidan, beta karoten, dan vitamin A yang baik untuk mengembalikan elastisitas kulit. Konsumsi ubi jalar dapat dilakukan bersamaan dengan program diet yang baik untuk menurunkan berat badan, dan meningkatkan pergantian sel pada kulit.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan berupa almond, pistachio, dan jenis lainnya tanpa tambahan gula. Kandungan vitamin E dalam kacang-kacangan mampu mempertahankan kelembaban kulit, memperbaiki jaringan yang rusak, dan melindungi kulit dari sinar UV.

4. Selada air

Selada air dikenal sebagai sayuran yang hijau dengan berbagai manfaat, salah satunya untuk kesehatan jantung dan kulit. Kandungan nutrisi berupa kalium, potasium, fosfor, vitamin A, E, C, dan K, membuat sayuran selada banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Seluruh kandungan tersebut mampu menjaga kesehatan jantung dan kulit pada manusia.


5. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, untuk merawat kesehatan tubuh manusia. Dalam satu buah alpukat mengandung vitamin B, C, K, dan potasium. Berdasarkan studi tahun 2022, wanita yang mengonsumsi alpukat setiap hari mampu meningkatkan kesehatan kulit secara alami. Konsumsi alpukat dapat dijadikan sebagai jus, salad, dan sebagainya.


6. Brokoli 

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan anti-inflamasi, vitamin C dan K, serta lutein. Seluruh kandungan tersebut mampu meningkatkan produksi kolagen, menjaga kesehatan tulang, dan memberikan kekuatan elastisitas pada kulit.

Peran dari vitamin K dalam brokoli adalah membantu menjaga kesehatan tulang, dan menjadi salah satu hal terpenting seiring dengan bertambahnya usia.


7. Paprika merah

Paprika merah memiliki kandungan karotenoid, antioksidan, dan vitamin C. Karotenoid bertanggung jawab atas pigmentasi warna sayuran, dan bersifat anti-inflamasi bagi kulit. Beberapa sumber menyatakan bahwa konsumsi paprika merah mampu menjaga kesehatan kulit secara elastis dan alami.

8. Coklat

Coklat memiliki kandungan flavanol kakao berupa antioksidan yang mampu memelihara kesehatan kulit. Kandungan antipenuaan, magnesium, dan mineral anti-inflamasi pada coklat mampu meningkatkan durasi tidur yang baik untuk mencegah penuaan dini.


9. Ikan berlemak

Ikan salmon, tuna, dan makarel dipenuhi dengan kandungan asam lemak dan omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit. Seluruh kandungan tersebut mampu membuat kulit lebih bercahaya dan menurunkan risiko terjadinya peradangan. Kandungan vitamin E pada ikan, mampu menyembuhkan berbagai permasalahan pada kulit secara cepat.

10. Buah delima

Buah delima disebut sebagai tonik antipenuaan. Anda dapat mengonsumsi delima secara langsung atau dijadikan sebagai jus, yang memiliki khasiat untuk menghasilkan kulit lebih muda dan terawat dengan baik. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro