Seorang pasien yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) sedang dengan memeriksa tekanan darahnya/DTE
Health

Pentingnya Edukasi Kesehatan di Tempat Kerja

Mia Chitra Dinisari
Senin, 3 Juni 2024 - 21:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Edukasi kesehatan memainkan peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk juga di kalangan pekerja.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pendidikan kesehatan adalah alat untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umum masyarakat melalui peningkatan pengetahuan dan praktik sehat.

Pendidikan kesehatan di tempat kerja tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan, namun juga bagi karyawan. 

Antaralain menciptakan kondisi yang mendukung dan mengajarkan kesehatan terbaik bagi karyawan. Hal ini memberi karyawan rasa memiliki dan mereka belajar bekerja sama untuk membentuk tindakan terkoordinasi untuk meningkatkan kesejahteraan.

Pendidikan kesehatan yang efektif diterapkan di tempat kerja seperti kesehatan jantung, nutrisi, kebugaran, rekreasi, kesadaran akan tembakau dan alkohol.

Pendidikan kesehatan umumnya lebih fokus pada pencegahan pada gilirannya, menyebabkan penurunan biaya layanan kesehatan secara keseluruhan.

Manajemen penyakit, pendidikan kesehatan, dan pemeliharaan kesehatan semuanya penting dalam menciptakan landasan kesehatan yang kokoh dalam suatu organisasi. Terdapat bukti kuat yang mendukung efektivitas promosi kesehatan di tempat kerja dan sepakat bahwa jenis intervensi ini memberikan perbedaan yang signifikan dalam struktur organisasi. Perusahaan yang menerapkan program kesehatan bagi karyawannya mendorong gaya hidup sehat tidak hanya bagi karyawannya, tetapi juga keluarganya.

Pendidikan kesehatan mental sebagai bagian dari promosi kesehatan di tempat kerja telah terbukti secara signifikan mengurangi depresi pada karyawan.

Selain itu, perusahaan yang menerapkan strategi ini juga menikmati penurunan angka bunuh diri dan berkurangnya masalah perilaku di kalangan karyawan. Program kesehatan mental dan kelas manajemen stres juga mengurangi agresi dalam rumah tangga dan menciptakan lingkungan yang lebih positif bagi karyawan. Di tingkat sosial, terdapat lebih sedikit masalah belajar, penurunan signifikan dalam kekerasan terhadap anak dan pasangan.

Maria Endang Sumiwi selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan RI mengatakan mendorong terciptanya kebiasaan hidup sehat di tempat kerja.

Sudarmadi Widodo selaku HCD & Corporate Communications Director Otsuka Group, menyatakan bahwa pekerja adalah aset paling berharga yang mendorong pola hidup sehat, maka kami berinvestasi dalam kesejahteraan dan produktivitas mereka.

Salah satu langkah pendidikan kesehatan yang mereka lakukan adalah menggelar acara Otsuka Run 2024 untuk meluncurkan Program Kesehatan Pekerja bekerja sama dengan kementerian kesehatan.

Inisiatif ini sejalan dengan misi Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mendorong kebiasaan untuk hidup sehat di tempat kerja.

Otsuka Run 2024 diikuti oleh lebih dari 1.000 pekerja Otsuka Group dan ASN Runner dari Kementerian Kesehatan.

Kolaborasi kami dengan Kementerian Kesehatan mencerminkan dedikasi kami terhadap hal ini dan kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan yang berkelanjutan menciptakan karyawan yang bugar, produktif serta lingkungan kerja yang
lebih sehat.

Pemberikan edukasi nutrisi bagi para pekerja juga akan dilakukan oleh ahli gizi untuk memberikan panduan tentang kebiasaan makan makanan sehat dan gizi seimbang.

Dukungan kesehatan mental juga menjadi salah satu inisiatif yang diusung oleh Otsuka melalui program kesadaran kesehatan mental dan akses layanan konseling untuk mendukung kesejahteraan mental pekerja.

"Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi langkah awal kami untuk dapat hidup lebih sehat secara berkelanjutan,” tutup Widodo.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro