Penuaan dink/CDC
Health

Manfaat Konsumsi Obat Nicotinamide Mononucleotide Guna Cegah Penuaan Dini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 9 Juni 2024 - 10:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nicotinamide mononucleotide (NMN) adalah senyawa dalam tubuh yang membantu setiap sel untuk mengatur fungsi mitokondria. NMN akan diubah menjadi nikotinamida adenine dunukleotida (NAD) guna memproduksi energi dan menjaga ketahanan metabolisme.

Dilansir Healthline, setiap sel dalam tubuh menggunakan NAD agar dapat berfungsi dengan baik dan menjaga beberapa fungsi lainnya. Selain itu, tangkat NMN dan NAD dapat berkurang seiring bertambahnya usia sehingga memicu berbagai masalah kesehatan.

Tak heran jika peredaran obat NMN kini menjadi sorotan di industri kesehatan. Pasalnya, NMN yang berperan meningkatkan NAD dapat mengaktifkan protein bernama sirtuin untuk memperbaiki DNA, di mana berkaitan dengan mencegah penuaan.

NAD memproduksi protein yang membantu menjaga sel dari kerusakan fungus mitokondria dan stress oksidatif sehingga menekan beberapa penyakit neurologi seperti Alzheimer. Bahkan NAD membantu individu terhindar dari masalah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

NAD yang mampu menjaga DNA dari kerusakan akibat stress oksidatif dapat menekan laju perkembangan kanker dan meningkatkan fungsi otot serta daya tahan tubuh.

“Terobosan nyata yang terjadi baru-baru ini adalah pemahaman kita tentang bagaimana membuat tingkat NAD mendekati tingkat generasi muda kita,” kata peneliti NAD dan NMN di Wonderfeel, Professor Andrew Salzman, dikutip pada Minggu (9/6/2024).

“Namun hal itu bisa dilakukan dengan memberikan bahan awal NAD yaitu NMN. Sel telah mengembangkan reseptor untuk NMN, yaitu protein khusus pada permukaan sel yang menempel pada NMN dan mengirimkannya ke dalam sel. Begitu masuk, NMN diubah oleh enzim seluler untuk menghasilkan NAD,” lanjutnya.

Walaupun dapat diproduksi secara alami, kini kandungan NMN telah dibuat dalam bentuk suplemen.

Telah beredarnya obat NMN di pasaran menjadi pengobatan alternatif bagi setiap individu untuk mencegah penuaan dini. Sebuah studi terhadap
10 pria di Jepang menemukan bahwa mengkonsumsi obat NNN sebanyak 100 hingga 500 mg dapat meningkatkan kadar MN dalam darah termasuk NAD.

NMN diformulasikan mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk resveratrol dan ergothioneine yang mampu memperlambat efek penuaan fisik dan mental.

Hal ini tidak lepas dari manfaat obat NMN yang mampu meningkatkan NAD dalam tubuh sehingga mencegah stress oksidatif, kerusakan DNA, degenerasi saraf, dan respons inflamasi.

“Penurunan ini diyakini berkontribusi terhadap disfungsi seluler terkait usia dan gangguan fungsi jaringan dan mempengaruhi jaringan dengan mengganggu keseimbangan antara produksi energi dan konsumsi energi,” kata Marry Sabat ahli diet asal Georgia, sebagaimana diberitakan forbes health.

Mengonsumsi obat NMN pada orang dewasa memerlukan dosis mulai dari 250 mg atau lebih dari 1,250 mg. Umumnya obat NNN mengandung sekitar 200 mg NNN per kapsul.

Di Samping konsumsi obat NMN, penuaan dini dapat dicegah dengan melakukan olahraga lantaran dapat merangsang hormon mencegah penuaan dini.

“Olahraga [dapat] merangsang produksi NAMPT, yang terlibat dalam sintesis NAD,” jelasnya.

“Dengan meningkatkan aktivitas NAMPT, aktivitas fisik dapat menyebabkan peningkatan kadar NAD, yang berpotensi membantu mengatasi beberapa penurunan terpaut usia,” pungkasnya.

Meski telah dipasarkan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai kondisi tubuh agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro