Tips agar menjadi lansia yang sehat dan panjang umur./AgingCare
Health

10 Hal yang Membuat Hidup Panjang Umur

Redaksi
Kamis, 20 Juni 2024 - 15:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki umur yang panjang merupakan keinginan terbesar bagi setiap manusia. Umur panjang diibaratkan adalah harapan untuk meraih segala keinginan dan pencapaian semasa hidup.

Banyak cara yang dapat dilakukan supaya Anda memiliki umur yang panjang. Mungkin Anda pernah melihat lansia yang tetap bergerak aktif setiap saat. Di usia yang tidak terbilang muda, para lansia terlihat lincah dan giat dalam beraktivitas. Hal ini disebabkan oleh adanya perilaku hidup sehat yang selalu diterapkan sejak usia remaja. 

Sama halnya dengan konsep tabur tuai. Jika Anda menabur perilaku hidup sehat saat masa remaja, maka hasil yang diperoleh saat masa tua adalah kesehatan dan kebugaran dalam jangka panjang.

Dilansir dari verywellhealth.com dan aarp.org, berikut 10 hal yang membuat hidup panjang umur:

1. Kelola stres

Stres dapat memicu pelepasan hormon yang disebut dengan kortisol. Hal ini yang membantu Anda merespons ancaman dengan cara  meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Jika terjadi dalam waktu yang lama akan menyebabkan kecemasan, depresi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Anda harus mengelola stres untuk menghindari segala kemungkinan yang dapat terjadi. Carilah aktivitas yang menarik dan membuat hidup terasa berkesan. Berikut jenis kegiatan yang mampu menghilangkan stres:

. Meditasi 

. Yoga 

. Tai chi

. Latihan pernapasan

. Relaksasi otot progresif


2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga merupakan salah satu upaya yang membuat hidup menjadi panjang. Tinjauan komprehensif studi di Journal of Aging Research menunjukkan bahwa orang-orang yang berolahraga secara teratur, bahkan hanya tiga jam dalam seminggu, akan bertahan hidup hingga 6,9 tahun lebih lama.

Dalam hal ini Anda harus membangun perilaku yang membiasakan diri supaya rutin berolahraga. Cara termudah untuk membiasakan diri adalah dengan berkomitmen pada latihan harian meskipun hanya selama 20 menit. 

3. Hangout bersama teman

Hangout bersama teman dan keluarga merupakan salah satu hal yang membuat hidup lebih bermakna dan berkesan. Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin terhubung dengan orang yang dicintai, maka semakin baik pula efek kesehatan yang dirasakan.

Perasaan senang, terkoneksi, dan bercerita satu sama lain adalah cara untuk melepas penat serta stres yang menghantui tubuh. Bertemu dengan orang-orang yang dicintai akan membuat Anda bertenaga serta bersemangat dalam menjalani kehidupan.

4. Melakukan sex secara rutin

Sex merupakan salah satu kunci keharmonisan bagi pasangan yang sudah berumah tangga. Peran dari sex akan membuat hubungan menjadi awet, hidup menjadi bermakna, dan tentunya memberi Anda insentif untuk menjaga kesehatan dengan cara yang lebih baik.

Faktor lain yang menyatakan sex mampu membuat Anda menjadi panjang umur adalah, temuan dari sebuah studi yang menyatakan bahwa pria dengan frekuensi orgasme tinggi mengalami penurunan 50% pada seluruh penyebab kematian.

5. Menjadi vegetarian

Menjadi vegetarian akan membantu hidup Anda bertahan dengan lama. orang-orang yang memilih untuk menjadi vegetarian menerapkan prinsip hidup sehat dengan cara menghindari konsumsi daging. Prinsip yang diterapkan oleh orang-orang vegetarian adalah untuk meningkatkan kesehatan hidup dengan cara mengatasi: 

. Obesitas

. Konsumsi gula yang berlebihan

. Konsumsi lemak jenuh pada bahan hewani 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro