Tips agar menjadi lansia yang sehat dan panjang umur./AgingCare
Health

10 Hal yang Membuat Hidup Panjang Umur

Redaksi
Kamis, 20 Juni 2024 - 15:21
Bagikan

6. Batasi waktu untuk menonton TV

Membatasi waktu untuk menonton TV dapat meningkatkan kesehatan Anda dan harapan dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan, adanya pemanfaatan waktu luang yang lebih bermakna daripada memilih untuk menghabiskan banyak waktu untuk menonton tayangan yang tidak bersifat edukasi.

Berikut adalah beberapa alasan untuk membatasi waktu menonton TV:

. Menonton TV secara berlebihan membuat Anda tidak aktif dan menyebabkan peningkatan berat badan.

. Duduk berjam-jam dapat menyebabkan sakit punggung dan leher kronis.

. TV dapat membuat stres, terutama jika Anda termasuk salah satu pecandu sinetron.

. TV mencegah interaksi sosial yang berkualitas dan dapat berkontribusi pada kecemasan serta depresi. 

7. Rutin berjemur

Berjemur merupakan salah satu kegiatan yang membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat vitamin D yang dihasilkan dari kegiatan berjemur, mampu memenuhi kebutuhan kesehatan Anda untuk:

. Pertumbuhan tulang

. Konversi glukosa darah menjadi energi

. Mengurangi risiko patah tulang, penyakit jantung, dan diabetes yang menjadi pemicu utama dari kematian.


8. Menari

Menari merupakan salah satu kegiatan yang membuat tubuh Anda bergerak dengan bebas. Menurut penelitian, menari dianggap sebagai olahraga sedang hingga berat yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga keseimbangan, dan menciptakan suasana hati yang senang. 

Latihan menari dapat dilakukan dengan cara mengikuti irama dalam sebuah lagu. Jika Anda merasa bingung dan canggung, manfaatkan media sosial yang mampu memberikan tutorial secara jelas mengenai teknik menari yang tepat.  


9. Flossing gigi

Flossing gigi merupakan kegiatan membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Teknik yang digunakan saat flossing adalah memanfaatkan sehelai benang dan dikaitkan dengan kedua jari. Anda dapat membersihkan sela-sela gigi tersebut dengan mengikuti teknik yang tepat. 

Manfaat dari flossing gigi adalah untuk mencegah penyakit gusi dan bakteri yang hidup di dalam mulut. Jika dibiarkan, bakteri tersebut akan bermigrasi dan menginfeksi organ jantung. 


10. Rutin melakukan konsultasi

Melakukan konsultasi kesehatan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Umumnya, konsultasi kesehatan dapat dilakukan selama satu kali dalam sebulan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda secara tepat. Hal ini perlu dilakukan untuk pemeriksaan dan evaluasi fisik secara komprehensif. 

Jika Anda terdeteksi memiliki penyakit kronis atau gangguan lainnya, petugas medis akan memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat. Jika diatasi dengan baik, maka Anda akan mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan sehat dalam jangka panjang. (Maharani Dwi Puspita Sari) 

 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro