Diet keto/
Health

9 Tips Sehat Terkait Diet Rendah Garam

Redaksi
Kamis, 20 Juni 2024 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diet merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan dampak positif bagi kesehatan. Beberapa orang melakukan diet dengan menggunakan metode khusus seperti diet rendah gula, garam, gluten free, dan sebagainya.

Seluruh hal tersebut dilakukan  atas dasar kebutuhan maupun keluhan yang dirasakan oleh masing-masing individu. Diet rendah garam dilakukan oleh orang-orang yang menghindari riwayat hipertensi ataupun mencegah terjadinya peningkatan pada tekanan darah. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dalam diet rendah garam? Berikut penjelasannya.

Diet rendah garam merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk membatasi jumlah asupan natrium di dalam tubuh. Hal ini dilakukan sebagai sarana untuk membantu mengontrol tekanan darah atau meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal.

American Heart Association (AHA), menyatakan bahwa maksimal kadar natrium yang masuk ke dalam tubuh manusia adalah 2.300 mg per hari, dan minimum sebanyak 1.500 mg per hari.

Dilansir dari goodrx.com dan eatingwell.com, Kamis (20/6/2024) orang yang melakukan program diet rendah garam bisa menunjang kesehatan dalam jangka panjang. Kadar natrium yang berlebih mampu menyebabkan:

1. Kehausan

2. Kembung

3. Bengkak

4. Retensi cairan

5. Peningkatan berat badan

Berikut 9 hal yang perlu dipahami terkait rendah garam:

1. Ikuti program DASH

DASH atau dietary approaches to stop hypertension merupakan salah satu pola makan yang dirancang untuk mencegah tekanan darah tinggi. Diet ini memprioritaskan makanan alami seperti:

  • Buah
  • Sayur
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Susu rendah lemak


2. Membaca label nutrisi dalam setiap produk

Pada saat membeli produk makanan dan minuman, pastikan membaca label nutrisi yang terdapat pada bungkus produk tersebut. Periksa bagian daily value (DV) yang menjelaskan kadar natrium dalam produk. Jika lebih dari 20%, maka produk tersebut memiliki kadar natrium yang tinggi.

3. Fokus pada magnesium dan kalium

Berfokus pada makanan utuh dan makanan yang kaya dan kalium akan membantu menggantikan kadar natrium di dalam tubuh. Magnesium dan kalium adalah dua mineral penting yang banyak ditemukan pada buah, sayuran, kacang-kacangan, dan lentil.

Melakukan diet tinggi magnesium dan kalium mampu mendukung kesehatan jantung dan ginjal dan dapat membantu mengatur tekanan darah.


4. Mengganti bumbu dalam memasak

Diet rendah garam membuktikan bahwa Anda mengurangi kadar natrium yang masuk ke dalam tubuh. Anda dapat mengganti garam dengan menggunakan bumbu herbal dan rempah-rempah yang menawarkan banyak tasa tanpa tambahan natrium. Berikut beberapa contoh bahan bumbu dan rempah yang tidak mengandung natrium:

  • Bawang putih dan thyme
  • Kemangi dan peterseli
  • Cabai hijau, jahe, dan bawang putih
  • Ketumbar, dan cabai merah
  • Lada sichuan dan ragi nutrisi

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro