Buah bit/dinas pertanian dan perkebunan Aceh
Health

Jus Buah Bit Jaga Kesehatan Jantung Wanita Pascamenopause

Redaksi
Jumat, 21 Juni 2024 - 09:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition menemukan mengonsumsi jus buat bit setiap hari mampu menyehatkan jantung bagi wanita pascamenopause.

Jus buah bit mampu merangsang produksi oksida nitrat untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Pasalnya, wanita pascamenopause rentan terserang penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung yang membuat aliran darah ke seluruh organ terganggu sehingga menyebabkan kegagalan fungsi organ hingga masalah pada jaringan otak.

“Wanita pascamenopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular karena kehilangan efek perlindungan estrogen terhadap fungsi pembuluh darah dan produksi oksida nitrat yang biasanya menjaga arteri tetap fleksibel, cair, dan tahan terhadap pembentukan plak,” kata John Higgins seorang ahli jantung di UTHealth Houston, seperti diberitakan Daily Jang.

Jus buah bit yang dikonsumsi harus lah 100% buah alami tanpa adanya campuran pemanis lainnya.

Para peneliti memberikan dua botol berukuran 2,3 ons kepada peserta untuk diminum setiap pagi selama tujuh hari. Peneliti membandingkan antara buah bit dengan kandungan nitrat dan tidak mengandung nitrat.

Hasilnya menunjukan jus buah bit yang mengandung nitrat lebih bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah dalam membantu melancarkan sirkulasi darah, dibanding buah bit bebas nitrat.

Buah bit yang kaya akan nitrat diperlukan untuk mempertahankan perlindungan pada fungsi endotel, di mana fungsi tersebut menurun pada wanita pascamenopause.

Endotel merupakan sel yang melapisi seluruh sistem vaskuler pada bagian inti pembuluh darah, sel itu dapat berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan memperbaiki jaringan pembuluh darah yang terluka.

Jus buah bit juga meningkatkan fungsi edotel abnormal dengan memberikan sinyal untuk memproduksi oksida nitrat. Hal ini membantu tubuh dalam mengubah nitrat menjadi oksida nitrat yang membantu meredakan tekanan darah dan peredaran darah ke seluruh organ menjadi optimal.

“Mengonsumsi nitrat melalui tanaman merupakan jalur sekunder untuk meningkatkan ketersediaan oksida nitrat dalam tubuh, sebuah molekul yang bertanggung jawab untuk melebarkan pembuluh darah untuk mengakomodasi aliran darah dan pengiriman oksigen ke organ seperti jantung,” kata penulis utama penelitian tersebut, Jocelyn Delgado Spicuzza, dilansir Healthline.

“Karena estrogen tidak lagi cukup untuk merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh secara alami setelah menopause, nitrat makanan dapat diubah menjadi oksida nitrat melalui jalur entero-saliva untuk membantu menjaga kesehatan fungsi pembuluh darah,” sambungnya.

Selain untuk wanita pascamenopause, jus buah bit memang telah direkomendasikan untuk diminum karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Memiliki bentuk mirip ubi ungu, buah bit kaya akan karbohidrat protein, serta, vitamin, dan mineral. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang stamina saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Adapun manfaat lain dari buah bit, yaitu:

1. Mengurangi kolesterol ‘jahat’ atau LDL
2. Meningkatkan stamina
3. Meningkatkan kekuatan otot pada penderita gagal jantung
4. Mencegah atau menekan pembentukan lemak di organ hati
5. Mendukung kesehatan bagi pasien kemoterapi.

Diketahui, mengonsumsi buah bit tidak memiliki efek samping serius pada tubuh sehingga aman untuk dikonsumsi.

Hanya saja warna urin dan feses berubah warna karena pigmen alami dalam bit. Perubahan warna itu bersifat sementara dan tidak mengakibatkan masalah serius. Hal ini tidak jauh berbeda ketika individu mengonsumsi buah naga.

Meski begitu, jika Anda ingin mengonsumsi buah bit setiap harinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda. Pasalnya, setiap orang memiliki daya kesehatan atau tingkat energi yang berbeda terhadap makanan atau minuman.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro