Voice of Baceprot, Band Metal Perempuan Asal Garut  Melanglang Buana Hingga ke Glastonbury/voiceofbaceprot instagram
Entertainment

Voice of Baceprot, Band Metal Perempuan Asal Garut Melanglang Buana Hingga ke Glastonbury

Mutiara Nabila
Rabu, 26 Juni 2024 - 03:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Band metal wanita asal Garut, Jawa Barat, Voice of Baceprot, bakal melanglang buana ke Inggris, salah satunya menjadi musisi pertama asal Indonesia yang tampil di Glastonbury Festival 2024. 

Voice of Baceprot atau disingkap VOB didirikan pada 2014 di Kabupaten Garut, ketika ketiganya mengikuti kelompok ekstrakurikuler teater di sekolah. 

Band ini digawangi tiga orang, dengan Marsya sebagai vokalis dan gitaris, Siti si penggebuk drum, dan Widi menjadi pemain bassnya. 

Pada saat usia 14 tahun, gadis-gadis itu mempelajari alat musik mereka untuk pertama kalinya dan mulai belajar memainkannya. Mereka bahkan belum pernah mendengar lagu metal atau rock sebelumnya. 

Namun, guru mereka memberikan laptopnya, membuat mereka menemukan playlist yang berisi lagu-lagu dari band seperti Red Hot Chili Peppers dan grup heavy metal Armenia-AS System of a Down. Dari sanalah mereka mengenal musik metal. 

Mereka kemudian membentuk grup dan menamainya Voice of Baceprot (VOB), yang berarti “berisik” dalam bahasa Sunda. 

Ketiganya kemudian mulai bermain di festival musik lokal dan mengunggah pertunjukan mereka ke Facebook hingga dengan cepat mereka mulai menarik minat banyak penggemar. Mereka juga memposting cover lagu yang juga mendapat review positif.

Pada 2018, mereka merilis single pertama mereka “School Revolution” yang kemudian mengubah hidup mereka karena lagunya begitu viral di media sosial.

Pada 2019, saat terjadi demonstrasi oleh mahasiswa, yang memprotes perubahan KUHP di seluruh Indonesia, banyak orang mengunggah video demonstrasi tersebut dengan lagu-lagu VOB.

Sejak saat itu, grup ini menjadi identik dengan musik yang selaras dengan generasi muda Indonesia dan mengangkat tema pemberdayaan perempuan, melawan perusakan lingkungan, dan pasifisme, dengan ketiganya bernyanyi dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Sunda.

Setelah satu dekade bersama, band metal Indonesia berhijab dan beranggotakan perempuan Voice of Baceprot (VoB) tahun lalu merilis album pertamanya, Retas, kemudian keluar dari label rekamannya untuk menjadi independen.  

Tahun ini, tepat sedekade VOB dibentuk, kesuksesan mereka memuncak. Selain semakin dikenal di seluruh dunia, VOB juga sempat masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes Asia dalam kategori Hiburan & Olahraga. 

Selain itu, mereka juga akan tampil di Inggris pada acara Downstairs at The Dome di London dan juga di festival Glastonbury. 

Di Glastonbury, VOB menjadi musisi Indonesia pertama yang tampil di festival Inggris tersebut dalam 54 tahun sejarahnya.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro