Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Entertainment

Pos Indonesia dan TikTok Luncurkan Creator House

Mutiara Nabila
Kamis, 11 Juli 2024 - 10:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- TikTok kini resmi berkolaborasi dengan BUMN, PT Pos Indonesia meluncurkan Creator House, rumah kreatif untuk kreator berkolaborasi dengan UMKM dan masyarakat. 

Berlokasi di pusat kota Jakarta, rumah kreatif yang didedikasikan TikTok bagi kreator, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan masyarakat luas ini ditujukan untuk mendorong terciptanya kreasi konten yang menghibur, inspiratif, serta memberi nilai tambah bagi komunitas TikTok di Indonesia. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Erick Thohir mengatakan dalam sambutannya bahwa Kementerian BUMN mengapresiasi kerja sama antar TikTok dan Pos Indonesia. 

Erick menyebut, pasar ekonomi digital Indonesia nilainya sudah mencapai Rp4.500 triliun, terbesar di Asia Tenggara dengan pendapatan per kapita US$10.000 dan PDB US$3,3 triliun. Angka ini diperkirakan masih akan naik pada 2045, membawa Indonesia menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-4 atau ke-5 di dunia.

"Dengan potensi pertumbuhan yang besar, kami berharap adanya pemerataan pemanfaatan platform digital, terutama oleh generasi muda agar lapangan pekerjaan bisa semakin terbuka yang bisa melahirkan pengusaha muda baru," ujarnya, di Jakarta, Rabu (10/7/2024). 

Erick juga berharap, kehadiran Creator House di gedung bersejarah milik PT Pos diharapkan bisa memacu para generasi muda untuk berkarya, berkolaborasi, dan memberikan dampak pada masyarakat untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia. 

"Dari data-data kita bisa lihat Gen Z yang hari ini di luar negeri sudah bisa menopang hidup ekonominya sendiri bahkan menjadi pengusaha baru. Di Indonesia masih tergantung dengan orang tuanya. Hadirnya Creator House ini harapannya juga jangan sampai majunya pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai salah satu yang terbesar di dunia tidak mencerminkan pemerataan pendapatan," paparnya. 

Selain itu, Erick juga berpesan kepada BUMN lain dan juga sektor swasta dan perusahaan yang akan memiliki minat untuk berinvestasi di Indonesia, apabila percaya dengan besarnya pasar Indonesia, agar jangan setengah-setengah berinvestasi di Indonesia. 

"Jadi kalau bisa, kalau investasi di Thailand 1, di Indonesia investasi lah 3 atau 4. Indonesia akan menjadi top 5 ekonomi terbesar di dunia, jadi jangan membandingkan dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kita ini sudah jadi ekonomi terbesar," tegasnya. 

Faizal R. Djoemadi, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), menambahkan bahwa kolaborasi bertajuk "TikTok | Pos Aja! Creator House" ini menjadi wujud nyata komitmen Pos Indonesia untuk mendukung kemajuan UMKM dan industri serta konten kreator di Indonesia. 

"Kami percaya bahwa para kreator dan UMKM memiliki potensi luar biasa untuk menjadi penggerak ekonomi dan membawa perubahan positif bagi bangsa. TikTok | PosAja! Creator House hadir sebagai ruang dinamis yang akan menghubungkan para kreator, UMKM, dan komunitas lokal untuk berkolaborasi, mengembangkan ide-ide kreatif, dan menciptakan konten yang inspiratif,” ungkap Faizal.

Pos Indonesia sendiri saat ini mengelola lebih dari 3.000 aset properti yang dapat dimanfaatkan menjadi ruang yang lebih produktif. Sejak pertama kali membuka Gedung Filateli sebagai tempat berkumpulnya generasi muda pada 2021 dengan brand PosBloc, Pos Indonesia terus melakukan revitalisasi pada gedung-gedung bersejarah yang ada.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro