Singapura/Pegipegi
Travel

6 Negara Paling Aman di Dunia, Ada Singapura

Redaksi
Rabu, 31 Juli 2024 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Keselamatan dan keamanan menjadi prioritas utama bagi banyak orang jika ingin mengunjungi suatu negara.

Sebagian orang akan mempelajari lokasi, sebelum mengunjungi dan pindah ke suatu tempat. Global Peace Index (GPI) telah merilis informasi terkait keselamatan di berbagai negara di seluruh dunia.

Faktor yang dapat Anda pertimbangkan untuk melihat keamanan suatu negara meliputi layanan kesehatan, tingkat kejahatan, keselamatan sistem transportasi, kemungkinan bencana alam, dan lain-lain.

Berikut enam negara paling aman di dunia:

1. Islandia

Dilansir dari Best Diplomats, Islandia menjadi negara teraman menurut GPI. Negara ini juga menjadi salah satu tujuan terbaik untuk siapapun yang menginginkan ketenangan dan petualangan. Di negara ini, hanya terdapat sedikit kejahatan.

Ditambah lagi, para warga Islandia memiliki kecenderungan untuk saling menjaga. Solidaritas sosial mereka dipupuk oleh populasinya yang sedikit dan komunitas yang erat. Sementara itu, iklim politiknya dapat dikatakan stabil karena menganut sistem demokrasi, keterbukaan, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

2. Denmark

Denmark menempati posisi kedua sebagai negara teraman di dunia. Reputasi tersebut dibangun dari standar hidup yang tinggi, lembaga yang berfungsi dengan baik, dan sistem politik yang stabil.

Berbagai lembaga yang dikelola dengan baik mencakup sistem hukum yang kuat, layanan publik yang efektif, dan program bantuan sosial yang luas. Sistem politik negara ini pun sangat mapan dan konsisten, dengan mengutamakan akuntabilitas, keterbukaan, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

3. Irlandia

Orang-orang Irlandia terkenal akan keramahan dan ketulusannya pada tamu-tamu mereka. Selain itu, Irlandia juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan kaya akan sejarah.

Hal tersebut menjadi daya tarik wisata yang lebih mendalam dan berkarakter. Anda dapat merasakan suasana Kota Dublin yang ramai dan sibuk. Selain itu, pedesaan Irlandia juga dapat memikat Anda dengan keindahannya yang tenang.

4. Selandia Baru

Negara ini dikenal sebagai tujuan wisata yang aman dan dapat diandalkan. Selandia Baru menawarkan keindahan alam dan berbagai aktivitas luar ruangan yang menarik.

Tingkat kejahatan negara ini termasuk rendah, dengan jarangnya kejahatan yang disertai dengan kekerasan. Sistem politiknya pun stabil, dengan menjunjung tinggi demokrasi, supremasi hukum, dan hak asasi manusia. Aparat penegak hukum Selandia Baru juga terkenal akan keahlian, ketepatan waktu, dan keterlibatan mereka dalam masyarakat.

5. Austria

Tak hanya mengandalkan pemandangan yang menawan saja, Austria juga menawarkan sejarah budaya yang kaya, layanan publik yang efektif, dan infrastruktur yang dikembangkan dengan baik.

Kota-kota di Austria–seperti Wina, Salzburg, dan Innsbruck–terkenal dengan berbagai monumen dan arsitektur bersejarahnya. Selain itu, aktivitas kejahatan di Austria rendah, dengan kejahatan yang disertai oleh kekerasan jarang terjadi. Iklim politiknya pun stabil, ditandai dengan penghormatan terhadap hak asasi manusia, demokrasi, dan supremasi hukum.

6. Singapura

Singapura menetapkan standar tinggi untuk efisiensi dan keamanan wilayahnya, menjadikan mereka salah satu negara terbersih dan teraman di Asia. Reputasi Singapura akan keamanan dan ketertiban disebabkan oleh ketatnya peraturan dan regulasi yang diterapkan.

Selain itu, Singapura juga memiliki infrastruktur yang terawat, fasilitas yang canggih, area publik yang aman, dan sistem layanan kesehatan yang efektif. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro