Ilustrasi pelukan/disney
Health

Manusia Butuh Pelukan Hingga 12 Kali Sehari, Ini Alasannya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 4 Agustus 2024 - 13:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Virginia Satir, seorang terapis keluarga terkenal di dunia, terkenal dengan pernyataannya, “Kita membutuhkan 4 pelukan sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan sehari untuk menjaga kesehatan dan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan.”

Lantas berapa banyak pelukan yang Anda dapatkan setiap hari?

Dilansir dari Forbes, ini alasan kenapa kita butuh hingga 12 pelukan setiap harinya.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkan tubuh Anda

Pelukan menghasilkan tekanan pada tulang dada, yang kemudian merangsang kelenjar timus, yang kemudian mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih tubuh, sehingga membuat Anda tetap sehat.

Pelukan membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu menyeimbangkan sistem saraf simpatik (melawan/lari/membekukan) dan parasimpatis (istirahat dan mencerna).

2. Pelukan meningkatkan perasaan aman 

Pelukan secara emosional “memberi makan” kita, membantu kita mengingat bahwa kita tidak sendirian, membantu kita merasa lebih percaya pada orang lain.

Pernahkah Anda memperhatikan betapa rileksnya perasaan Anda setelah berpelukan? Pelukan mengingatkan kita bahwa kita sedang bersama orang lain. Dan bersama-sama kita bisa menghadapi tantangan apa pun.

3. Pelukan meningkatkan perasaan memiliki

Pelukan meningkatkan kadar oksitosin, yang menyembuhkan perasaan kesepian, isolasi, dan kemarahan. Memeluk adalah pengalaman bersama: Anda berdua memberi dan menerima kasih sayang. 

4. Pelukan meningkatkan perasaan berarti/harga diri, dilihat, dan cinta diri

Pelukan dalam waktu lama (20 detik atau lebih) meningkatkan kadar serotonin, menyebabkan Anda merasa bahagia dan emosi yang lebih positif secara keseluruhan.

Ketika kamu melihat orang lain memandangmu dengan kebaikan dan kasih sayang, kamu ingat bahwa kamu dicintai, seperti yang kamu lakukan saat masih kecil ketika orang tuamu memandangmu dan mengakui bahwa kamu ada di sini dan mereka bahagia.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro