Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Travel

HUT ke-79 RI, Ini Rekomendasi Hotel dan Penginapan di IKN

Redaksi
Senin, 5 Agustus 2024 - 07:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Peserta upacara terdiri dari ribuan orang yang terdiri dari masyarakat setempat dan tamu undangan dari Jakarta. Biasanya, upacara HUT ke-79 RI dilaksanakan di Istana Negara, tetapi menjelang berakhirnya rezim Presiden Jokowi, upacara juga diadakan di IKN.

Simak rekomendasi hotel dan penginapan di sekitar IKN:

1. Hotel Forza Fino

Berjarak sekitar 6 kilometer (15 menit) dari IKN, Hotel Forza Fino merupakan salah satu pilihan hotel terdekat dari ibukota baru Indonesia. Walau tidak begitu banyak daya tarik wisata lain, tetapi ulasan wisatawan untuk hotel ini kebanyakan cukup positif. 

Berdasarkan ulasan tersebut, hotel dengan harga sekitar Rp500.000 per malam ini tergolong baru dengan pemilik warga lokal.

2. The Rich Hotel

The Rich Hotel Penajam Township berlokasi di Jalan Penajam-Kuaro no. 32, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

The Rich Hotel adalah satu dari sedikit hotel di wilayah setempat. Hotel berbintang dua ini dimulai dari harga Rp902.000 via pemesanan online dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 17 menit dari IKN. 

Selain itu, The Rich Hotel berada di dekat area pantai. Hotel ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik selain IKN, seperti wisata mangrove Kampung Baru dan Pantai Tanjung Jumlai.

Fasilitas yang disediakan antara lain Wi-Fi gratis, AC, sarapan, restoran, hingga jasa laundry.

3. Hotel Ika

Hotel Ika berlokasi dekat The Rich Hotel, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara. Dari hotel ini, Anda dapat mencapai IKN dalam waktu 1 jam 15 menit, atau sekitar 55 kilometer jauhnya.

Menurut ulasan wisatawan, hotel ini memiliki tingkat kebersihan yang tinggi, menu serta pelayanan sarapan yang cukup baik, dan tarif yang bersahabat. Dengan fasilitas meeting room dan airport shuttle, hotel ini cocok bagi Anda yang melakukan business trip.

4. Blue Sky Hotel 

Blue Sky Hotel berada di kota Balikpapan, dan Anda dapat mencapai IKN dalam waktu 2 jam.

Hotel ini juga dekat dengan destinasi wisata hutan mangrove Margo Mulyo, serta hanya 6 kilometer dari terminal ferry di Teluk Balikpapan.

Blue Sky Hotel menyediakan kamar yang dimulai dari harga Rp630.000, dan dapat di-upgrade untuk mendapat balkon. Terdapat fasilitas restoran, kolam renang, gym, room service, hot tub, hingga shuttle ke bandara.

5. Swiss-Belhotel Balikpapan

Hotel ini berjarak sekitar 82–108 kilometer atau sekitar 2,5 jam dari IKN, tergantung pada pilihan transportasi yang Anda pilih. 

Berlokasi di Balikpapan, hotel ini memiliki pemandangan Selat Makassar yang indah. Akses yang mudah ke berbagai pantai juga menjadi daya tarik tambahan Swiss-Belhotel Balikpapan.

Hotel ini dimulai dari harga Rp690.000 via pemesanan online, dengan fasilitas balkon, Wi-Fi, minibar, mesin kopi, dan kolam renang serta gym.

6. Penginapan Cilincing Nusantara 

Penginapan ini mendapatkan penilaian 4,8 di Google. Lokasinya berada di Jalan Basuki Rahmad, Tengin Baru, Kec. Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

7. Wisma Green Parahyangan 1

Lokasi penginapan ini dekat dengan IKN. Wisma Green Parahyangan 1 berada di Jalan Negara No.1, Sepaku, Kec. Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penginapan ini juga mendapatkan review 4,8 dari pengunjung. Namun, ada juga beberapa pengunjung yang mengeluhkan kondisi parkiran yang terbatas. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro