Ubi ungu memiliki manfaat yang sehat bagi tubuh/Bali Organic
Health

Ubi Ungu Pengganti Nasi, Sehat Bagi Penderita Diabetes

Redaksi
Senin, 19 Agustus 2024 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ubi ungu merupakan jenis umbi-umbian yang bernutrisi tinggi dengan tingkat glikemik rendah. Untuk para penderita diabetes, makanan ini cocok untuk dikonsumsi sebagai asupan karbohidrat sehari-hari.

Melansir Verywell Health, ubi ungu bahkan bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah kanker. Ubi ungu terutama bisa membuat gula darah lebih stabil karena level serat dan magnesium yang tinggi.

Simak khasiat ubi ungu bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga kadar gula darah

Ubi ungu memiliki tingkat asam fenolik yang jauh lebih tinggi dari umbi-umbian lainnya. Asam fenolik memiliki khasiat yang penting, bagi penderita diabetes tipe 2, membantu tingkat sensitivitas insulin menjadi lebih baik. 

Seperti karbohidrat lain, ubi ungu mengandung pati. Namun, kandungan pati dalam ubi ungu tergolong sebagai pati resisten yang membantu mencegah peningkatan glukosa yang tinggi dalam tubuh. Hal ini karena pati resisten tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Maka, kadar gula darah pun tidak akan setinggi konsumsi pati biasa.

2. Tinggi antioksidan

Ubi ungu mengandung zat antosianin yang membuat umbi ini berwarna ungu. Antosianin adalah zat yang memiliki tingkat antioksidan tinggi. 

Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas, yang dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker, menjaga kesehatan mata, hingga membantu penyembuhan diabetes.

3. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Ubi ungu dan umbi-umbian lain mengandung serat yang tinggi. Serat makanan membantu Anda merasa cepat kenyang dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya.

Serat juga membuat proses pencernaan di usus menjadi lebih lancar dengan cara mendorong pergerakan usus dan melunakkan tinja. Tingkat antioksidan yang tinggi juga menjaga keseimbangan bakteri baik di tubuh Anda.

4. Menjaga kesehatan mata

Ubi ungu memiliki kandungan vitamin A tinggi–dalam bentuk zat beta karoten–yang dikenal sebagai vitamin penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu penglihatan ketika remang-remang dan memproduksi pigmen pada retina.

Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi yang dapat mencegah penyakit mata ketika Anda bertambah usia.

5. Mencegah inflamasi 

Vitamin C pada ubi ungu juga dapat memberi khasiat antiinflamasi hingga pencegahan penyakit jantung pada orang-orang yang memiliki penyakit obesitas, diabetes, hingga tekanan darah tinggi. 

Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi ubi ungu. Cara memasaknya dapat mengubah indeks glikemik–kecepatan suatu bahan makanan dalam meningkatkan kadar gula darah–menjadi lebih rendah atau lebih tinggi.

Disarankan untuk tidak memanggang dan menggoreng ubi, karena akan meningkatkan kadar glikemik. Ubi yang direbus, dikukus, atau ditambahkan ke makanan lain dapat bersifat lebih ramah untuk penderita diabetes. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro