Rekomendasi wisata di Bogor/pegipegi
Travel

Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bogor

Redaksi
Rabu, 21 Agustus 2024 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kota dan Kabupaten Bogor memiliki berbagai daya tarik wisata yang dapat dinikmati keluarga.

Destinasi yang beragam menjadikan Bogor tempat yang menarik untuk didatangi. Mulai dari wisata alam, taman wahana, hingga glamping dan staycation–semuanya dapat Anda nikmati dengan akses yang relatif mudah.

Simak 7 rekomendasi pilihan tempat wisata di wilayah Bogor:

1. JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand merupakan salah satu taman bermain wahana yang terbesar di area Jabodetabek. JungleLand berlokasi di kawasan Gunung Pancar, Sentul Nirwana, Bogor.

Anda dapat mengunjungi theme park ini bersama teman maupun keluarga. Dari 35 wahana yang disediakan, terdapat 12 wahana khusus anak dan 13 wahana untuk keluarga. 

Selama bulan Agustus 2024, terdapat promo tiket masuk paket berempat seharga Rp379.000 untuk hari biasa dan Rp479.000 untuk akhir pekan. Terdapat juga promo Rp79.000 per orang. 

Untuk harga normal, tiket dikenakan pada Rp155.000 per orang pada Senin–Jumat, Rp175.000 di akhir pekan, dan Rp195.000 pada high season. Tiket harus dibeli minimal H-1 kedatangan.

2. Penangkaran Rusa Cariu

Jika anak Anda merupakan pecinta hewan, penangkaran rusa yang masih dapat dikategorikan sebagai hidden gem ini bisa menjadi alternatif Taman Safari Bogor.

Di sini, Anda dan keluarga dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan rusa-rusa jinak dalam habitatnya. Bahkan, Anda juga bisa memberi makan rusa dengan makanan yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Terdapat juga area foto, area bermain anak, bumi perkemahan, dan kolam renang sebagai daya tarik tambahan. 

Menurut situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, taman ini juga dikenal sebagai Taman Rusa Tanjungsari dan Taman Rusa Giri Jaya. Lokasinya di Kecamatan Tanjung Sari.

Anda hanya perlu menyediakan uang sebanyak Rp5.000–Rp10.000 untuk berkunjung. Penangkaran rusa ini dibuka pukul 08.00–16.00 WIB. Disarankan untuk datang di pagi atau sore hari.

3. The Ranch Megamendung

The Ranch yang berlokasi di Cisarua, Puncak Bogor, memiliki berbagai daya tarik ramah anak seperti berkuda, berinteraksi dengan hewan ternak, hingga memanah. Anda juga dapat bermain ATV dan sepeda tandem.

Anak berusia 2 tahun dikenakan harga tiket normal, yaitu Rp25.000. Anda juga akan mendapat voucher Rp20.000 di restoran setempat, atau ditukarkan dengan segelas susu murni.

Namun, siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam, karena setiap wahana dikenakan biaya yang berkisar dari Rp20.000–Rp200.000.

4. Sentul Paradise Park

Berlokasi di Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Anda dapat memasuki wilayah ini dengan membayar Rp25.000–Rp30.000 di musim normal dan Rp40.000–Rp50.000 pada saat high season. 

Objek wisata utama di Sentul Paradise Park adalah Air Terjun Bidadari. Dengan ketinggian 40–75 meter, air terjun ini berasal dari mata air di kawasan hutan lindung. Air terjun jatuh ke kolam alami yang terbagi menjadi kedalaman 30 cm dan 1,5 meter. Inilah yang membuat lokasi air terjun ini cocok dikunjungi keluarga.

Di sini, Anda dapat menyewa berbagai hal untuk menunjang liburan–dari saung, pelampung, hingga perahu mini. Terdapat juga tempat terapi ikan dan wahana flying fox. 

5. Museum Zoologi, Kebun Raya Bogor

Museum Zoologi, atau Museum Zoologicum Bogoriense, berawal dari laboratorium serangga pada masa penjajahan Belanda. Sejak 1894, fauna lainnya mulai disimpan sehingga dijadikan museum.

Di dalam museum, terdapat bermacam fauna dengan berbagai ukuran, dari rangka dinosaurus hingga berbagai serangga. Anak maupun orang tua dapat menikmati dan mendapat edukasi dari kunjungan ke Museum Zoologi.

Museum ini mudah diakses dari kota karena berlokasi di kawasan Kebun Raya Bogor, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 9. Untuk masuk ke area tersebut, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp15.000 untuk Senin–Jumat dan Rp25.000 di akhir pekan atau libur nasional.

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berlokasi sedikit di luar wilayah Bogor, tepatnya di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cianjur. Harga tiket dimulai dari Rp15.500 untuk Senin–Jumat dan Rp25.000 pada Sabtu–Minggu dan libur nasional.

Sama seperti Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas dikelola oleh LIPI dan dapat menjadi alternatif “healing” keluarga yang sangat nyaman. Dengan ketinggian 1.300–1.400 meter di atas permukaan laut serta luas hampir 85 hektar, udara masih terasa sejuk dan dipenuhi tumbuhan-tumbuhan unik.

Salah satu destinasi menarik di Kebun Raya Cibodas adalah Taman Sakura. Anda dapat melihat bunga Jepang tersebut bermekaran pada periode Januari–Februari dan Juli–Agustus. Terdapat juga flora lain seperti Taman Liana, Taman Paku-Pakuan, Taman Lumut, hingga curug dan danau.

7. The Highland Park Resort

Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin staycation bersama keluarga dan melakukan aktivitas di dalam kenyamanan area penginapan.

The Highland Park Resort adalah penginapan berkonsep “glamping” atau glamorous camping. Terdapat berbagai desain kamar yang unik, dilengkapi fasilitas yang cukup untuk 4–8 orang. Terdapat juga penyewaan tipe Barrack untuk 25–35 orang, cocok dikunjungi bersama keluarga besar.

Berbagai macam aktivitas yang disediakan di penginapan ini dapat menghindari rasa bosan pada anak maupun orang dewasa. Antara lain terdapat edu camp, flying fox, zip bike, high rope, shooting range dan aktivitas outbound lainnya.

Penyewaan kamar per malam beragam, tergantung tipe kamar yang Anda pilih. Pemesanan online menunjukkan bahwa biaya per malam dimulai dari harga Rp1 juta.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro