Cara mengatasi kapalan
Health

Ini 8 Cara Menghilangkan Kapalan Kaki dan Tangan

Redaksi
Kamis, 22 Agustus 2024 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kapalan yang muncul di permukaan kulit dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan dan alat rumahan. Campuran soda kue dan air lemon adalah salah satunya.

Dilansir dari laman medicalnewstoday.com dan premier-podiatrycom (21/8/2024), kapalan biasanya terjadi akibat tekanan atau gesekan berlebih yang menyebabkan tumbuhnya kapalan. Kapalan akan memberikan rasa tidak nyaman, seperti sakit dan gatal.

Untuk menghilangkan kapalan dalam waktu cepat, Anda dapat menggunakan beberapa bahan dan alat yang ada di sekitar Anda.

Simak cara menghilangkan kapalan:

1. Garam epsom

Dalam penyembuhan kapalan, garam epsom berperan besar dalam melembutkan kapalan, yang kemudian dapat dikelupas dengan menggunakan batu apung atau kikir kaki.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan segenggam garam epsom ke dalam baskom berisi air hangat, lalu rendam kapalan selama 10 menit.

2. Cuka sari apel

Hal ini karena cuka sari apel mengandung asam yang tinggi, yang dapat membantu melembutkan kulit keras pada kapalan.

Untuk menggunakannya, serupa dengan garam epsom, Anda dapat membuat larutan air yang sudah ditambahkan cuka sari apel, lalu rendam bagian kapalan sekitar 20 menit.

3. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan minyak alami yang dapat melembabkan kulit, termasuk kulit kapalan.

Untuk menggunakannya, campur rendaman air hangat dengan 5 sendok makan minyak jarak. Minyak ini akan melembutkan kulit yang keras dan menenangkan area kapalan.

4. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh mengandung antibakteri, antijamur, dan antiseptik yang dapat membantu menghilangkan kapalan, bahkan penyembuhan setelahnya.

Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air hangat dan rendam kapalan hingga kulit mulai melunak dan terangkat. Hindari merendamnya lebih dari 15 menit karena dapat merusak lapisan kulit Anda.

5. Soda kue dan air lemon

Saat senyawa kimia soda kue dan senyawa asam air lemon dicampurkan, larutannya akan membantu mengelupas kulit kapalan.

Campurkan air perasan lemon dalam air hangat, lalu rendam selama beberapa menit. Setelah merendam kapalan, oleskan soda kue ke area kapalan untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Batu apung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, batu apung yang ringan dan berpori dapat digunakan sebagai pengelupas kulit mati dan kapalan. Namun, dahulukan untuk merendam kaki dengan air hangat yang sudah tercampur garam epsom terlebih dahulu sebelum menggunakan batu apung. Saat pengelupasan kulit kapalan, gunakan gerakan memutar atau menyamping untuk memaksimalkan pengelupasan.

7. Kikir kaki

Selain batu apung, kikir kaki juga dapat menjadi opsi Anda. Kikir kaki biasanya memiliki kisi berbahan logam dan pegangan berbahan karet atau plastik.

Serupa dengan batu apung, penggunaan kikir kaki juga harus didahulukan dengan merendam kaki dengan air hangat yang sudah tercampur dengan garam epsom.

8. Krim pengelupas

Selain mengelupas kulit dengan cara manual, Anda dapat menggunakan krim pengelupas untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, terdapat juga krim pengelupas yang dapat digunakan untuk mengatasi kapalan, yaitu krim yang mengandung asam salisilat, urea, atau amonium laktat.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan krim pada bagian kapalan setiap hari sampai kulit mulai melunak dan terangkat. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro