Ilustrasi rambut rontok/dok freepik
Health

8 Cara Mencegah Rambut Rontok Akibat Penggunaan Helm

Redaksi
Senin, 26 Agustus 2024 - 18:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambut rontok akibat penggunaan helm dapat dialami setiap orang. Membersihkan helm secara rutin adalah salah satu solusi mencegahnya.

Melansir dari laman skinkraft.com dan timesofindia.indiatimes.com (24/8/2024), meskipun merupakan tindakan keselamatan yang penting, mengenakan helm faktanya dapat menjadi penyebab rambut rontok. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut rontok akibat penggunaan helm.

Cara mengatasi rambut rontok:

1. Jaga kebersihan rambut

Mencuci rambut secara teratur dapat menjadi opsi terbaik untuk membersihkan sebum, yaitu zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak di kulit. Hal ini karena penggunaan helm dapat menjadi pemicu keluarnya sebum secara berlebihan yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

2. Melembabkan rambut

Rambut yang terhidrasi secara signifikan akan mengurangi risiko gesekan antara lapisan dalam helm dengan rambut. Pelembab rambut dapat menjadi opsi sekaligus kunci bagi Anda untuk mencegah kerusakan dan kerontokan akibat penggunaan helm. Pelembab dapat digunakan baik pada rambut dengan jenis tipis, kasar, ataupun tebal.

3. Hindari memakai helm saat rambut basah

Lapisan dalam pada helm yang terkena rambut basah dapat menjadi lembab. Lingkungan yang lembab adalah tempat pertumbuhan bakteri. Pertumbuhan bakteri tersebut pada akhirnya dapat masuk ke kulit kepala dan menjadi penyebab kerontokan rambut. Dengan itu, luangkanlah waktu untuk mengeringkan rambut sebelum mengenakan helm.

4. Kenakan pelindung rambut saat menggunakan helm

Anda dapat meletakkan kain katun tipis di antara rambut dan helm, yang berfungsi untuk meminimalisir gesekan di antara keduanya. Selain itu, kain katun tersebut juga dapat membantu menyerap keringat, yang melindungi rambut dari bakteri dan jamur penyebab rambut rontok.

5. Gunakan helm berkualitas dengan ukuran yang sesuai

Helm berkualitas memiliki fitur mudah menyerap udara dan tidak mengiritasi kulit kepala. Setelah menemukan helm yang berkualitas, carilah ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala Anda. Selain untuk kenyamanan, ukuran helm yang sesuai juga akan mengurangi tekanan pada rambut.

6. Pijat kulit kepala

Folikel rambut yang kekurangan nutrisi adalah salah satu penyebab rontoknya rambut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memastikan sirkulasi darah berjalan dengan baik. Memijat kulit kepala dengan minyak hangat mungkin adalah cara termudah yang dapat Anda lakukan.

Memijat kulit kepala akan membantu melancarkan peredaran darah sekaligus menyalurkan nutrisi ke akar rambut dan mencegah terjadinya kerontokan setelah menggunakan helm.

7. Bersihkan helm

Pastikan Anda membersihkan helm minimal seminggu atau dua minggu sekali. Lepas dan cucilah bantalan pada bagian dalam helm secara menyeluruh. Dengan cara ini, Anda dapat membuang debu, keringat, dan bakteri penyebab rambut rontok.

8. Terapkan pola makan sehat

Selain cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, pola makan juga memainkan peran penting dalam kasus ini. Pola makan yang proporsional akan membantu rambut tetap sehat. Bayam, kacang almond, alpukat, dan telur adalah beberapa dari banyaknya makanan yang baik untuk menjaga rambut Anda tetap kuat dan mencegah kerontokan rambut akibat penggunaan helm. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro